Jum'at, 31 Oktober 2014 16:00

PERINGATAN TAHUN BARU HIJRIAH 1 MUHARRAM 1436 H / 2014 M

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dan Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani menghadiri acara Ceramah Hikmah Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1436 H/2014 M, Jum’at (31/10) 2014, bertempat di Masjid An Ni’mah Pangkallalang. Untuk memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1436 H, Pemerintah Kabupaten Belitung menyelenggarakan perlombaan Al Barzanji yang telah dilaksanakan pada tanggal 28-29 Oktober 2014, selain itu, Pemerintah Kabupaten Belitung juga menyelenggarakan ceramah agama untuk memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1436 H. Acara ini diawali dengan pembacaan Kitab Suci Al-Qur’an Surat Al-Hasyr ayat 18-20, yang dibacakan oleh Ahmad Dailami dan Saritilawah oleh Suleha.

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, tidak terasa setahun sudah kita menjalani kehidupan ditahun 1435 Hijriah. Sekarang kita memasuki tahun baru 1436 Hijriah. Ini berarti satu tahun sudah umur kita bertambah. Bagi manusia yang mengetahui dan memahami akan tugas dan fungsi hidup yaitu beraktifitas untuk kemaslahatan umat dan beribadah kepada Allah SWT, maka kita akan memikirkan dan membuat neraca perhitungan. Sudah sampai dimana, dan dipakai untuk apa umur kita pada waktu yang lalu.

“Manfaatkan waktu yang tersisa sebaik-baiknya dengan giat belajar, giat bekerja, giat beribadah serta giat dalam membangun negara dan bangsa. Karena waktu itu ibarat pedang, jika kita tidak bisa menggunakan pedang itu dengan sebaik-baiknya, tentulah pedang itu akan melukai diri sendiri” ujar Sanem sapaan akrab Bupati Belitung.

 

Lebih lanjut, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos juga mengatakan, dengan adanya  peringatan 1 Muharram 1436 H ini, diharapkan supaya kita bisa memperbaiki iman dan akhlak serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Agar berguna untuk bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. “Mari sama-sama kita berniat dan membulatkan tekad untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat pada tahun lalu dan tidak diulangi pada tahun ini. Mudah-mudahan tahun ini jauh lebih baik dari tahun kemarin dan banyak membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat” lanjutnya. Acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh DR. KH. Ayub Ahmad FA, M.Ag dan dilanjutkan dengan doa bersama.

 

Pada kesempatan ini juga dibacakan Surat Keputusan Dewan Juri Lomba Al Barzanji dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1436 H, tentang penetapan peserta terbaik pada lomba Al Barzanji sekaligus pembagian hadiah Lomba Al barzanji yang secara langsung diberikan oleh Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung