Senin, 3 November 2014 11:00

PEMBUKAAN ACARA SOSIALISASI PROGRAM ADIWIYATA (SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN)

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, Ir. Arpani menghadiri sekaligus membuka Acara Sosialisasi Program Adiwiyata (Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan), Senin (03/11) 2014, bertempat di Gedung Graha Resto Tanjungpandan. Sosialisasi Program Adiwiyata ini di ikuti sebanyak 50 orang peserta, yang terdiri dari kepala dan guru pada Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, Pilot Project dan calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tahun 2015. Waktu penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Program Adiwiyata ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dari tanggal 3-4 Nopember 2014. Kegiatan ini bertujuan untuk penyampaian mekanisme pelaksana Program Adiwiyata yang meliputi komponen standard dan implementasi Adiwiyata serta pencapaian menuju Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi maupun Nasional.

 

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung, Ir. H. M. Ubaidillah dalam laporannya mengatakan, Program Adiwiyata adalah salah satu Program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah, ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menjaga lingkungan yang sehat serta menghidari dampak lingkungan yang negative. “Ada 4 komponen untuk mencapai tujuan Program Adiwiyata yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah Adiwiyata. Keempat komponen tersebut adalah kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan” ujar Kepala BLHD Kab.Belitung.

 

Tujuan dari Program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan pelaksanaan lebih lanjut dari Program Adiwiyata ini diterapkan pada tingkat provinsi, kabupaten dan sekolah. “Sebagai pelaksanaan lebih lanjut Program Kementrian inilah Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Program Adiwiyata ini“ tambah Kepala BLHD Kab.Belitung.

 

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Belitung, Ir. Arpani yang dalam kesempatan ini mewakili Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan hasil dari studi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Tahun 2012, menunjukkan bahwa Indeks Perilaku Peduli Lingkungan (IPPL) masih berkisar pada angka 0,57 (dari angka mutlak 1). Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat kita belum berperilaku peduli lingkungan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

“Oleh sebab itu, guna meminimalisir dampak kerusakan lingkungan dan meningkatkan Indeks Perilaku Peduli Lingkungan di Kabupaten Belitung, maka saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama - sama meningkatkan peran dan kepeduliannya, yang dimulai dari lingkup terkecil, yakni keluarga hingga di Sekolah” ujar Arpani.

 

Untuk itu, melalui kegiatan Sosialisasi Program Adiwiyata pada hari ini, saya mengajak para peserta yang merupakan Kepala Sekolah dan para Guru Sekolah Dasar dan Menengah, untuk bersama mendukung upaya  - upaya Pemerintah Daerah, dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. ” Dengan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, diharapkan mampu mewujudkan generasi – generasi muda yang peduli dan berbudaya lingkungan di Kabupaten Belitung yang kita cintai” lanjut Arpani.

 

Hadir pada acara ini Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Belitung, H. Muhammadiyah, S.Ag, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: BLHD Kab. Belitung