Kamis, 6 November 2014 06:00

SOSIALISASI SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL DAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS)

Tanjungpandan, Dinas Sosial, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial menggelar Sosialisasi Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Badan Penyenggaraan Jaminan Sosial, Tanggal 6 - 7 Nopember 2014 di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan.

 

Tujuan dari diselenggarakan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada para pemangku kepentingan tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan suatu lembaga yang mengatur jaminan sosial bagi setiap warga negara Indonesia. BPJS akan menggantikan sejumlah lembaga jaminan sosial yang ada di Indonesia yaitu lembaga asuransi jaminan kesehatan PT Askes Indonesia menjadi BPJS Kesehatan dan lembaga jaminan sosial ketenaga kerjaan PT Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS.

 

Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Bagi peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran.

 

Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, namun juga pekerja informal. Pekerja informal juga wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan.

 

Jaminan kesehatan secara universal diharapkan bisa dimulai secara bertahap mulai Tahun 2014 dan Tahun 2019, diharapkan seluruh warga Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan tersebut.

 

Ada lima sasaran yang akan dikelolah oleh BPJS antara lain:

 

  1. Jaminan Kesehatan dikelolah oleh BPJS Kesehatan
  2. Jaminan Kecelakaan Kerja dikelolah oleh BPJS Ketenagakerjaan
  3. Jaminan Hari Tua dikelolah oleh BPJS Ketenagakerjaan
  4. Jaminan Pensiun dikelolah oleh BPJS Ketenagakerjaan
  5. Jaminan Kematian dikelolah oleh BPJS Ketenagakerjaan

 

Turut hadir dalam acara ini, Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, Bupati Belitung Timur dr. Basuri Tjahaya Purnama, Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Ibu Nur  Aisiyah, Direktur Pelayanan dan Kepatuhan BPJS Ketenagakerjaan, Kepala SKPD Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Perwakilan Perusahaan se- Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

 

 

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung