Selasa, 11 November 2014 16:00

SOSIALISASI PERATURAN KEPEGAWAIAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2014

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E, M.A.P menghadiri sekaligus membuka secara resmi Acara Sosialisasi Peraturan Kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2014, Selasa (11/11) 2014, bertempat di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Belitung.

 

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Belitung, Dra. Ita Wahyuni selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya, mengatakan, maksud dari diadakannya Kegiatan Sosialisasi Peraturan Kepegawaian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang peraturan kepegawaian terutama Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil, sehingga menjadi acuan dan rambu-rambu bagi Pegawai Negeri Sipil, dalam melaksanakan tugas.

 

Kegiatan ini juga bertujuan agar para peserta menjadi lebih memahami tentang kewajiban dan larangan sebagai aparatur, serta bagi pejabat pengelola kepegawaian agar dapat lebih paham mengenai tata cara dan prosedur penjatuhan hukuman disiplin di lingkungan SKPD masing-masing. Dan, supaya pejabat fungsional Guru, Pengawas, Penilik dan Pamong Belajar dapat memahami tata cara pembuatan Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil, sehingga tidak terjadi masalah dan hambatan dalam pengembangan karirnya sebagai pejabat fungsional.

“Kegiatan Sosialisasi ini diikuti sebanyak 120 orang peserta yang merupakan perwakilan dari SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, yang terdiri dari 60 PNS yang membidangi Kepegawaian pada masing-masing SKPD dan 60 PNS perwakilan fungsional Guru, Pengawas, Penilik dan Pamong Belajar di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung” ujar Ita Wahyuni.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa, peraturan tentang kepegawaian merupakan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan profesionalisme Pengawai Negeri Sipil serta menjadi rambu-rambu dalam melaksanakan tugas. Sehingga diharapkan Pegawai Negeri Sipil bisa menjadi professional dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan.

 

Pada Tahun Anggaran 2013, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Belitung telah melaksanakan Workshop Penyusunan dan Penilaian Sasaran Kerja PNS dengan sasaran 100 PNS yang merupakan perwakilan dari seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. “Workshop ini berkaitan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS yang disusun sebagai pengganti DP3 yang selama ini digunakan sebagai mekanisme penilaian prestasi kerja PNS dan akan berlaku efektif mulai tanggal 1 Januari 2014” lanjutnya.

 

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa Sasaran Kerja PNS ini merupakan hal yang penting diketahui dan dilaksanakan oleh setiap PNS, maka pada Tahun 2014, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Belitung melaksanakan lagi Sosialisasi terkait Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dengan sasaran fungsional Guru, Pengawas, Penilik dan Pamong Belajar yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. “Selain Sosialisasi tentang mekanisme penyusunan dan penilaian Sasaran Kerja PNS, Badan Kepegawaian Daerah juga akan melaksanakan Sosialisasi tentang Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil” jelasnya.

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E, M.A.P dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS merupakan penyempurna dari Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980. Peraturan Pemerintah yang lama, dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan keadaan. Sementara itu, disiplin PNS merupakan kesanggupan PNS untuk mentaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar akan di jatuhi hukuman disiplin.

 

“Saat ini disiplin PNS sedang menjadi sorotan. Etika dan moral PNS saat ini dirasakan masih rendah. Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingatkan kembali kepada Saudara-Saudara semua. Mari kita tingkatkan lagi disiplin kita sebagai Pegawai Negeri Sipil, terutama mentaati ketentuan jam kerja. Selain itu, saya juga minta agar Kepala Satuan Kerja tidak menutup-nutupi pegawainya yang melanggar ketentuan jam kerja dan sering tidak masuk kerja tanpa keterangan. Bagi yang melanggar, segera proses untuk penjatuhan hukuman disiplin sesuai ketentuan yang berlaku, yakni Peraturan Pemerintah tentang Disiplin PNS” ujar Karyadi.

 

Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah, maka terhitung sejak tanggal 1 Januari 2014, semua Pegawai Negeri Sipil tanpa terkecuali, baik pejabat struktural, pejabat fungsional maupun pejabat fungsional umum/staf wajib menyusun Kontrak Kerja. Untuk itu mau tidak mau, suka tidak suka, saya minta kepada semua PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung wajib memiliki Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil. “Kepada peserta yang mengikuti sosialisasi ini, saya minta agar dapat mensosialisasikan kembali hasil dari kegiatan ini kepada atasan maupun rekan-rekan lainnya di SKPD masing-masing. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan juga bagi orang-orang di sekitar kita” tambahnya.

 

 Acara ini dihadiri oleh Badan Pertimbangan Kepegawaian (BAPEK) BKN Jakarta, Robinsar Marbun, SH, MH dan Muhammad Erwin, SH, Camat Badau, Marzuki, S.IP, Camat Membalong, Syamsuddin, SE, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, MZ Hendra Caya, SE, M. Si beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Belitung