Kamis, 20 November 2014 09:00

Erwandi Ajak Semua Pihak Peduli Pada Penyandang Disabilitas

Tanjungpandan- Wakil Bupati Belitung – Drs. H. Erwandi A. Rani hadir dalam kegiatan peringatan Hari Disabilitas International Kabupaten Tahun 2014, dengan tema “ Pembangunan Berkelanjutan Melalaui Aksesibilitas Rekayasa Teknologi Inovatif , Kamis (20/11), bertempat di halaman Dinsoskertrans Kabupaten Belitung.

 

Kepala Dinsoskertrans Kabupaten Belitung Drs. Haziarto dalam sambutannya mengatakan “ Kegiatan ini kami selenggarakan dalam rangka  menyambut hari diasabilitas International yang jatuh pada Tanggal 3 Desember yang akan datang. Untuk memeriahkan kegiatan tersebut kami mengadakan perlombaan yaitu lomba catur, bulutangkis dan menyanyi serta menyerahkan bantuan sosial berupa kursi roda , tongkat dan pembuatan kaki palsu. Kami berharap perhatian semua pihak kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Belitung yang berjumlah lebih dari 500 orang untuk mendapat membantu dan menganggap mereka sama seperti yang lainnya.

 

Dalam sambutan Wakil Bupati Belitung yang didahului dengan penyerahan kursi roda dan juara lomba bulutangkis , Erwandi mengatakan “ Harus diakui bahwa diskriminasi terhadap para penyandang Disabilitas di Indonesia masih sering terjadi, rendahnya kepedulian masyarakat terhadap hak – hak mereka sering kali terjadi, seperti kurangnya lowongan dan penempatan pekerjaan bagi para penyandang Disabilitas di Indonesia. Berdasarkan data dari Organisasi Buruh Internasional (ILO), sebanyak 10 persen penduduk Indonesia atau sekitar 24 juta orang merupakan penyandang Disabilitas, baru sekitar 11 juta orang yang tercatat memiliki pekerjaan. (Data Kemenakertrans RI pada 2010). Dengan bertambahnya jumlah pencari kerja tersebut, dikhawatirkan akan berdampak terhadap meningkatnya jumlah pengangguran yang ada di Indonesia, sehingga hal ini menjadi perhatian bersama yang harus ditangani secara serius, khususnya oleh setiap perusahaan, baik Perusahaan milik negara maupun swasta yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Belitung.

 

Erwandi juga menyampaikan “ Berkaitan dengan hal tersebut, maka sebagai bagian dari Pemerintah Pusat, saya mengajak seluruh pihak khususnya perusahaan – perusahaan  yang ada di Kabupaten Belitung dan seluruh masyarakat, untuk mulai memaknai momen ini sebagai momentum untuk sadar akan eksistensi dari seluruh penyandang Disabilitas yang berada disekitar kita dan sekaligus menjadi momen untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap penyandang Disabilitas, guna mewujudkan kemandirian, kesetaraan, dan kesejahteraan penyandang Disabilitas tersebut. Dengan kesadaran dan kepedulian tersebut, diharapkan mampu mendukung dan memotivasi peran serta para penyandang Disabilitas untuk maju bersama – sama mendukung setiap upaya – upaya Pemerintah Daerah dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Belitung dan memanfaatkan kemajuan pembangunan sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan “, jelas Wabup.

 

Hadir pada kegiatan tersebut, Plt Sekretaris DPRD Kab.Belitung, Hj. Maiya Hasibuan,SH, Kepala BKD Kabupaten Belitung, Ita Wahyuni , Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan terpadu, Helman,SH, Kepala Bagian Humas Setda Kab.Belitung, Rusdin,S.Ikom serta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung


Berita Lainnya