Selasa, 18 November 2014 21:00

KEMENTERIAN PERDAGANGAN RI DAN DISPERINDAGKOP KABUPATEN BELITUNG SOSIALISASIKAN ASEAN ECONOMIC COMMUNITY MELALUI TALKSHOW RADIO

Tanjungpandan -  Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Suara Praja Pemerintah Kabupaten Belitung mengadakan acara talkshow pada hari selasa (18/11) bersama dengan narasumber Dr. Ir. Donna Gultom selaku Direktur kerjasama ASEAN Kementerian Perdagangan dan Adnizar, SE selaku Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Belitung, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk  memaparkan edukasi publik mengenai Asean Economic Community atau masyarakat ekonomi ASEAN tahun 2015 bertempat di ruang studio Radio Suara Praja 102,2 FM Pemerintah Kabupaten Belitung.

 

Agenda pertemuan tersebut mengangkat sebuah tema “Menuju ASEAN Economic Community 2015 : Menjadi pemenang pada masyakarat ekonomi ASEAN” Memanfaatkan Peluang di pasar ASEAN” terkait dengan negara-negara Asia Tenggara termasuk juga negera kita sendiri Indonesia tercinta tidak lama lagi akan menemui babak baru yaitu diterapkannya Asean Economic Community atau masyarakat ekonomi ASEAN tepatnya pada tanggal 31 Desember tahun 2015. Pada acara talkshow kegiatan sosialisasi AEC (Asean Economic Community) yang berdurasi kurang lebih 90 menit pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB bersama dengan narasumber Dr. Ir Donna gultom dan Adnizar,SE dan dihadiri oleh mahasiswa/wi Akademi Manajemen Belitung  dalam berlangsungnya acara tersebut juga dihadiri dan di pandu oleh Bapak Mohd Isnaini,S.Sos selaku Kasubbag Penyaringan Informasi, Sandi dan Telekomunikasi pada Bagian Humas sekaligus Penanggung Jawab Bidang Teknik  LPPL Radio Suara Praja Pemerintah Kabupaten Belitung.

 

Dalam kesempatan tersebut Dr. Ir Donna Gultom memberikan paparan edukasi publik mengenai AEC (Asean Economic Comunity) kepada seluruh elemen dan masyarakat Kabupaten Belitung melalui udara di frekuensi 102,2 FM. Saat berlangsungnya acara tersebut disampaikan “bahwa AEC merupakan kesepakatan yang dibangun oleh sepuluh Negara anggota ASEAN. Terutama dibidang ekonomi dalam upaya meningkatkan perekonomian dikawasan dengan meningkatkan daya saing dikancah internasional.” Asean Economic Community (AEC) pada dasarnya perluasan dari integrasi sosial ekonomi yang telah dimulai beberapa tahun silam, tepatnya pada saat pembentukan AFTA tahun 1992 mulai disepakati dan rencana pemberlakuan AEC tersebut dicantumkan dalam piagam ASEAN yang disahkan pada tahun 2007 pada tahun tersebut pula disepakati bahwa pencapaian AEC akan dipercepat dari tahun 2020 menjadi tahun 2015 mendatang.

 

Dr. Ir Donna Gultom menambahkan “terdapat empat pilar utama dalam mewujudkan integrasi ekonomi kawasan dan juga merupakan pedoman bagi Negara-negara anggota ASEAN diantaranya pertama ASEAN sebagai pasar tunggal dan berbasis produksi tunggal yang didukung dengan elemen aliran bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terdidik dan aliran modal yang lebih bebas. Kedua ASEAN sebagai kawasan dengan daya asing ekonomi tinggi, dengan elemen peraturan kompetisi, perlindungan konsumen, hak atas kekayaan intelektual, pengembangan infrastruktur, perpajakan dan e-commerse. Ketiga ASEAN sebagai kawasan dengan pengembangan ekonomi yang merata dengan elemen pengembangan usaha kecil dan menengah, dan prakarsa integrasi ASEAN dan yang terakhir pilar keempat ASEAN sebagai kawasan yang terintegrasi secara penuh dengan perekonomian global dengan elemen pendekatan yang koheren dalam hubungan ekonomi di luar kawasan, dan juga meningkatkan person serta dalam jejaring produksi global”.

 

 

Sampai dipenghujung acara, sebelum talkshow tersebut ditutup Dr. Ir Donna Gultom dan Adnizar, SE memberikan saran dan masukan kepada seluruh elemen dan masyarakat indonesia khususnya kepada masyarakat Belitung tercinta “nantinya kita akan berkompetisi oleh karena itu persiapkan diri kita masing-masing agar mempunyai daya saing, hidup ini adalah kompetisi, dan semangat dalam diri kita sendiri itu harus ada guna untuk membangun kompetisi dan kemampuan untuk berkompetisi serta semangat untuk membangun diri dengan optimis dan kerja keras, begitu juga dengan kabinet kita sekarang mereka harus kerja dan  kerja, tidak hanya itu pada akhir perbincangan Direktur kerjasama ASEAN kementerian perdagangan menyampaikan kepada mahasiswa/wi bahwa mereka harus invest diri masing-masing semaksimal mungkin agar bisa berdaya saing. Selanjutnya juga disampaikan kepada pemerintah daerah bahwa kerjanya sudah benar dan langkah-langkah yang dilakukan selama ini perlu ditingkatkan lagi”.

 

Sehubungan dengan adanya UKM-UKM di daerah Belitung ini UMKM ini bisa disenergikan menjadi UKM skala ekonomi yang akan menjadi kekuatan kita nanti, dan pesannya kita harus memanfaatkan kekuatan-kekuatan kita yang sudah ada seperti galeri di belitung ini agar menjadi pusat informasi adanya permintaan dari mulai bagaimana kita mengekspor produk-produk dari UKM kita ini karena di ASEAN semakin tebuka pasar ekonomi. Disamping itu juga hubungan dengan daerah bangka belitung dengan negara-negara ASEAN sebenarnya menjadi peluang bagaimana memasarkan produk.

 

Tak lupa juga Dr. Ir Donna Gultom menyampaikan kepada masyarakat bahwa sepanjang hidup ini kita tidak bermalas-malasan dan sepanjang perjalanan apa yang dihadapkan kita bisa melewati dengan baik dan kita bekerja sungguh-sungguh meningkatkan dan memperbaiki  keadaan kita. Yakin bahwa masyarakat ekonomi ini tidak akan membuat kita semakin hancur asalkan  satu hal yang harus diingat agar tidak terlalu bersenang-senang tetapi terus membangun diri. “saya yakin AEC tidak akan menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan bahkan dengan adanya ASEAN ini mendorong diri kita untuk semakin maju lagi, dan membuat kita untuk semakin mau bersaing lagi Kira-kira seperti itulah ASEAN Masyarakat Ekonomi yang kita harapkan ditahun 2015”, tambahnya lagi.

 

Kegiatan sosialisai ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai komitmen ASEAN serta proyeksi ekonomi kawasan dan kebijakan nasional dalam menghadapi AEC nantinya. Semoga dengan diadakannya acara sosialisasi tersebut beliau berharap bisa menyadarkan seluruh masyarakat belitung untuk mempersiapkan diri masing-masing memasuki AEC tahun 2015 mendatang dengan mempunyai daya saing dikancah internasional.

 

Sumber: LPPL Radio Suara Praja Pemkab. Belitung