Senin, 17 November 2014 16:00

K/L/D/I Wajib Umumkan RUP 2015

Jakarta – Kepala LKPP Agus Rahardjo menghimbau kepada seluruh pimpinan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi (K/L/D/I) untuk segera menginstruksikan Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran masing-masing agar mengumumkan Rencana Umum Pengadaan Tahun Anggaran 2015, melalui aplikasi SiRUP secara online di Portal Pengadaan Nasional dengan alamat https://sirup.lkpp.go.id. Himbauan tersebut disampaikan melalui surat bernomor 76/KA/10/2014 bertanggal 27 Oktober 2014.

 

Ia menyatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 Pasal 25 terutama ayat (3) yang menyebutkan bahwa Pengumuman sebagaimana dimaksud (RUP-red) pada ayat (2), dilakukan dalam website Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Institusi masing-masing, papan pengumuman resmi untuk masyarakat, dan Portal Pengadaan Nasional Melalui LPSE.

 

Pengguna Anggaran dan Kuasa Pengguna Anggaran diminta agar terlibat dalam menggunakan aplikasi SiRUP,”Untuk Tahun Anggaran 2015, pengumuman RUP melalui SiRUP menjadi syarat bagi K/L/D/I untuk melakukan lelang (e-tendering) menggunakan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE),” lanjut Agus.

 

Selain sebagai syarat lelang, SiRUP dibangun dan dikembangkan dalam rangka optimalisasi proses pelaporan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP) secara online dengan menggunakan aplikasi Monev Online (monev.lkpp.go.id).

 

RUP memfasilitasi pengumuman paket kegiatan pemerintah baik secara swakelola ataupun melalui penyedia barang/jasa. Melalui RUP masyarakat juga akan mudah memantau dan mengakses pengadaan barang/jasa di daerahnya masing-masing ataupun secara nasional karena tidak perlu loginataupun menggunakan password.

 

Informasi dalam RUP juga dapat digunakan oleh masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengadaan sebagai penyedia barang/jasa pemerintah.  “Ini adalah salah satu upaya kita untuk menciptakan pasar pengadaan barang/jasa pemerintah yang kompetitif dan transparan, “ lanjut Agus.

 

Hingga saat ini, sudah terdapat 45 intansi pemerintah yang telah mengumumkan RUP tahun anggaran 2015  melalui SiRUP.  13 dari kementerian, 1 dari Lembaga yaitu LKPP, 8  dari Pemerintah Provinsi, 11 dari Kabupaten dan 5 Kota. Kendati demikian, dari 45 instansi pemerintah tersebut belum mengumumkan RUP secara menyeluruh.

 

Sumber: http://www.lkpp.go.id/