Sabtu, 15 November 2014 20:00

DPD KNPI KABUPATEN BELITUNG GELAR ACARA MALAM KREASI SENI BUDAYA MASYARAKAT BELITUNG

Tanjungpandan (LPPL Radio Suara Praja) - DPD KNPI Kabupaten Belitung mengadakan Acara Pentas Kreativitas Seni bertempat di KV. Senang Pusat Kota Tanjungpandan, Sabtu (15/11). Acara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, juga beberapa wisatawan yang ikut meramaikan acara tersebut.

 

Sesuai dengan temanya “Jadikan Semangat Perjuangan Pahlawan Untuk Selamatkan Anak Bangsa“, maka pelopor kegiatan ini banyak dari kalangan pemuda-pemuda Belitung untuk ikut memeriahkan suasana malam hari itu, dan acara tersebut didukung juga oleh pelaku wisata, Komunitas Telinsong Budaya, Dewan Kesenian Belitung, Komunitas Onthel Belitung, Komunitas Motor Antik Belitung, OSIS SMK/SMP dan Karang Taruna Belitung.

 

Dalam sambutan Ketua DPD KNPI Edi Usdianto, menyampaikan acara yang diselenggarakan bertujuan untuk dalam rangka kreativitas seni masyarakat Belitung demi mengenang jasa-jasa para pahlawan kita baik secara umum bagi pahlawan bangsa Indonesia maupun para pahlawan khususnya pejuang-pejuang masyarakat Belitung. Untuk itu, ia mengatakan pada saat berlangsungnya acara tersebut di KAV. Senang terdapat Tugu Pahlawan yang mempunyai nilai sejarah perjuangan bagi masyarakat Belitung.

 

Lebih lanjut lagi, kegiatan ini bisa menumbuhkan kembali dan mengingatkan kita kembali mengenai sejarah perjuangan pahlawan di negara kita. Selain itu, sangat berharap untuk generasi muda Belitung dengan adanya momentum ini bisa dipergunakan untuk mengisi pembangunan ini tentunya dengan hal-hal yang positif karena seperti yang kita ketahui pada zaman sekarang seiring berjalannya waktu bahwa tanpa kita sadari nilai-nilai kebangsaan itu sudah mulai pudar, mungkin dengan kegiatan inilah salah satu cara untuk memicu kembali agar nilai-nilai kebangsaan itu mulai tumbuh di hati generasi pemuda dan persoalan yang sedang kita hadapi sekarang ini di masyarakat Belitung pemuda kita dalam mengisi waktu luangnya banyak melakukan hal-hal yang negatif, ujar Edi Usdianto

 

Kegiatan ini akan dilanjutkan kegiatan Napak Tilas Perjuangan Rakyat Air Seru yang mempunyai nilai sejarah bagi masyarakat Belitung yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 november 2014 mendatang. Ketua DPD KNPI menyampaikan pada khalayak ramai pada moment tersebut bahwa nantinya mereka akan mengadakan lagi kegiatan untuk mencetuskan nilai-nilai kebangsaan, diantaranya akan diadakan acara di gedung DPD KNPI pada tanggal 25 November acara pemutaran film perjuangan bangsa Indonesia, dan kemudian akan diadakan diskusi-diskusi mengenai apa yang pemuda bisa lakukan untuk mengisi pembangunan mendatang di pulau Belitung tercinta.

 

 

Pada kesempatan ini Edy Usdianto, juga menyampaikan bahwa “Insya Allah nanti  DPD KNPI kabupaten Belitung akan memprakarsai dan akan membentuk yayasan yang bergerak di bidang sosial khusus para pejuang kita dan di bidang pendidikan untuk generasi muda yang mempunyai prestasi, akan membantu mereka pada yayasan 25 november itu,”ujarnya

 

Pada malam hari itu acara dibuka dengan penampilan tari sepen yang merupakan salah satu kesenian tarian dari daerah khas Belitung yang dipersembahkan oleh siswa-siswi SMP di Tanjungpandan dengan berbalut pakaian ungu dan orange yang sangat elok. Dalam acara tersebut terdapat juga penampilan yang diikuti oleh siswa/siswi SMKN 1 Tanjungpandan dengan sanggar seni kreasi muda, mereka menampilkan puisi musikal dengan tema ”Pahlawan Tak Dikenal” yang dinyanyikan dan dipuisikan dengan adegan yang memukau masyarakat yang menyaksikan acara tersebut.

 

Acara malam kreasi seni budaya masyarakat dan pemuda Belitung semakin meriah, ketika siswa-siswi menampilkan drama yang mengingatkan kita pada masa penjajahan, tumpah darah para pahlawan kita dahulu dan semangat pejuang bangsa kita beberapa tahun silam yang lalu dalam memperjuangkan negara tercinta ini.

 

Dalam acara tersebut dihadiri oleh ketua DPD KNPI kabupaten Belitung, diikuti juga oleh pengurus DPD KNPI Kabupaten Belitung, tokoh masyarakat Belitung, ketua Karang Taruna, serta pelaku wisata pulau Belitung. (sl)

 

Sumber: KNPI Kabupaten Belitung