Rabu, 26 November 2014 07:30

APEL GELAR PASUKAN OPERASI ZEBRA MENUMBING TAHUN 2014

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi “Zebra Menumbing” Tahun 2014, Rabu (26/11) 2014, bertempat di Halaman Polres Belitung. Operasi Zebra Tahun 2014 ini dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Kepolisian Republik Indonesia selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 26 November – 09 Desember 2014.

 

Kepala Kepolisian Daerah Kep. Bangka Belitung, Brigadir Jendral Polisi Drs. Gatot Subiyaktoro dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Apel, Kabag Ops Polres Belitung, Kompol Muhammad Nizar mengatakan, sebagaimana kita ketahui bahwa permasalahan di bidang lalu lintas khususnya lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang, seiring dengan berkembangnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup, sehingga masalah lalu lintas semakin hari permasalahannya semakin kompleks.

 

“Oleh sebab itu, maka Polri dengan didukung instansi terkait telah menetapkan kalender Operasi Zebra yang rutin dilaksanakan setiap menjelang Hari Natal dan Tahun Baru guna menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas yang kondusif” ujar Nizar.

 

Kita menyadari bahwa didalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas tersebut, dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, demikian pula koordinasi bersama instansi pemerintahan yang bertanggung jawab dalam pembinaan kamseltibcar berlalu lintas, yang saat ini juga masih dirasakan kurang optimal. Hal itu berdampak terhadap belum maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas jalan, regulasi angkutan umum serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan atau pun ketentuan perundang-undangan lalu lintas.

 

Lebih lanjut dijelaskannya, dari data Operasi Zebra Menumbing 2013 dapat dilihat bahwa tingkat pelanggaran yang dilakukan para pengendara dan pengemudi kendaraan bermotor masih cukup tinggi, yaitu sebanyak 7.846 kasus pelanggaran dengan rincian 7.430 tilang dan 410 teguran yang didominasi oleh pelajar dan swasta. Sedangkan untuk angka kecelakaan mengalami penurunan dari 12 kasus kecelakaan pada Operasi Zebra Menumbing 2012 dengan korban meninggal dunia sebanyak 8 orang menjadi 7 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 6 orang pada pelaksanaan Operasi Zebra Menumbing 2013.

 

“Saya berharap pada pelaksanaan Operasi Zebra Menumbing 2014, dengan mengedepankan penegakan hukum didukung kegiatan preemtif dan preventif, tingkat pelanggaran, jumlah kasus kecelakaan serta fatalitas korban dapat ditekan seoptimal mungkin melalui sinergitas fungsi kepolisian, yang didukung oleh instansi terkait serta partisipasi aktif masyarakat” tegas Nizar.

 

Hal yang perlu mendapat perhatian adalah keamanan personil terutama pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas, oleh karena itu saya berpesan kepada seluruh personil yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Zebra Menumbing 2014 ini, agar selalu berpedoman pada standar operasional prosedur. “Saya memberi penekanan kepada seluruh personil yang terlibat melaksanakan Operasi Zebra Menumbing 2014 agar benar-benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta dilaksanakan secara prosedural, proporsional dan profesional guna mencapai hasil yang diharapkan secara maksimal” tutup Nizar.

 

Apel ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani, Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Ronald Salvanovari, Perwakilan Kejaksaan Negeri Tanjungpandan, Ade Sholehuddin beserta tamu undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung