Rabu, 3 Desember 2014 09:00

Wakil Bupati Belitung Buka Kegiatan Seminar Coporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Belitung Tahun 2014

 

Tanjungpandan – Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani  membuka Kegiatan Seminar Corporate Social Responsibility (CSR), Rabu (03/12), bertempat di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Belitung.

 

Kepala BAPPEDA Kabupaten Belitung, Ir Hermanto dalam sambutannya mengatakan “ Setiap tahunnya kita mendapat usulan dari masyarakat melalui Musrenbang lebih kurang 6000 usulan. Sedangkan yang bisa direalisasikan hanya sepertiganya, atau sekitar 2000 usulan. Usulan - usulan dari masyarakat tersebut bukan tidak diakomodir akan tetapi  adanya keterbatasan pendanaan.

 

Sebagian porsi pendanaan kita harus cari di pusat dan provinsi, Untuk itulah peran perusahaan dirasa perlu untuk membantu pemerintah melalui program CSR. Hari ini kita akan bentuk suatu forum CSR dan bina lingkungan yang dimaksudkan untuk memaksimalkan kontribusi perusahaan dalam melakukan program CSR nya. Di Kabupaten Belitung perusahan sudah melakukan sumbangsih  kepada masyarakat, akan tetapi belum terlalu banyak terekspos, apakah  program tersebut tepat sasaran atau tidak. Melalui forum CSR inilah cara strategis memaksimalkan, mensinergikan antara pemerintah dan perusahaan dan juga ajang silaturahmi untuk membangun Belitung lebih baik kedepannya “.

 

Sementara itu Wakil Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan “Sebagaimana kita ketahui bersama, Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh Perusahaan sesuai dengan kemampuan perusahaan yang bersangkutan, sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar. Bentuk tanggung jawab tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak.

 

Selain itu CSR juga sebagai fenomena strategi perusahaan untuk mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stackholdernya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability atau berkelanjutan perusahaan dalam jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability. Selain itu CSR juga memiliki fungsi atau peran strategis bagi perusahaan.

 

Kegiatan CSR hendaknya pula dapat menjadi acuan bagi kita dalam mewujudkan kepedulian kepada sesama, entah sebagai pribadi maupun masyarakat atau swasta sekalipun. Sinergitas positif antara pemerintah, masyarakat dan swasta haruslah senantiasa  kita bina dan tingkatkan, karena hal ini juga merupakan salah satu ukuran keberhasilan pembangunan. Oleh karena itu, partisipasi positif semua komponen sangat diperlukan.

 

Lebih jauh, CSR juga dapat kita pandang sebagai pola hubungan timbal balik yang menguntungkan berbagai pihak. Sedangkan Pembinaan Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan salah satu bentuk dari implementasi CSR. Namun pada prakteknya, PKBL lebih banyak berfokus pada pemberian pinjaman ataupun mikro-kredit pada pengusaha kecil yang potensial, misalnya, pemberian dana pinjaman pada komunitas pengrajin kulit, dll. Mengingat seminar ini merupakan hal yang penting, maka saya mengharapkan agar para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan sungguh-sungguh.

 

 Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Isyak Meirobie, S.Sos, M.Si, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Marwan Putra Fajar serta undangan lainnya.

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung