Minggu, 14 Desember 2014 06:00

Erwandi Lepas Kegiatan Jalan Santai Peringatan Hari AIDS Sedunia

 

Tanjungpandan – Wakil Bupati Belitung, Drs. H Erwandi A. Rani melepas peserta kegiatan jalan santai peringatan hari HIV AIDS sedunia, Minggu (14/12), bertempat di Halaman kantor dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.

 

Rute jalan santai tersebut yaitu, start dimulai kantor dinas Kesehatan, menuju jalan Gaparman, jalan A. Yani, jalan Gajah Mada kemudian kembali ke kantor dinas Kesehatan Tanjungpandan. Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, dr. Suhandri dalam sambutannya mengatakan “ Diketahui penyakit HIV AIDS belum ada obatnya, penyakit menular tersebut mempengaruhi pembangunan karena penderitanya banyak di usia  kerja. Dalam rangka perlindungan HAM untuk meningkatkan pemahaman seluruh masyarakat perlu diadakan kegiatan sosialisasi seperti yang dilakukan pada pagi  hari ini. Untuk meminimalisir hal tersebut dapat kita tekan dengan hal-hal yang positif dan saling bertukar informasi terkait penyebaran virus HIV AIDS. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi kita untuk bertukar pikiran dan peran aktif dari masyarakat dirasa perlu khususnya di wilayah Kabupaten Belitung.

 

 Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan serta hadiah oleh Wakil Bupati Belitung kepada pemenang kader PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yaitu, Helmi Kader Kelurahan Tanjungpendam, Ibu Lis Kader desa Petaling dan Yusmini Kader Pelepak Pute. Ketika hadiah dibagikan oleh Wakil Bupati Belitung, Anak-anak yang merupakan peserta jalan santai mengutip “ Banyak Amat Hadiah e “, Erwandi pun mendengar apa yang sampaikan oleh anak-anak tersebut dan mengatakan “ Siapa yang menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari  akan diberikan hadiah nantinya, yang penting anak-anak harus menjaga kesehatannya seperti, mandi dipagi hari, gosok gigi, bantu ibu bersihkan tempat tidur dan insyaAllah tahun depan Kepala Dinas Kesehataan akan memberikan hadiah kepada kalian.,Ujar Erwandi “.

 

Lebih lanjut dalam sambutannya Erwandi mengatakan “ Kita wajib dan harus berperan aktif memberantas HIV AIDS yang saat ini di Belitung ditemukan lebih dari 100 yang sudah terinfeksi virus tersebut. Hilangnya kekebalan tubuh merupakan dampak HIV AIDS yang mana ,penyakit apapun bisa masuk ke tubuh kita jika sudah terinfeksi virus tersebut. Saat ini ditemukan kasus seorang ibu yang tertular penyakit tersebut karena perilaku nakal sang suami. Kita wajib menjaga mensosialisasikan kepada lingkungan, masyarakat dan keluarga akan ganasnya penyakit tersebut. Atas nama pemerintah Kabupaten Belitung, Kami berterimakasih kepada dinas Kesehatan yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini, insyaAllah kedepan penyakit yang belum ada obatnya tersebut paling tidak bisa kita minimalisir, “ jelas Erwandi.

 

 Acara ditutup dengan pembagian doorprize jalan santai dengan hadiah utama, satu buah sepeda, kulkas dan mesin cuci. Turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, Danlanud H. AS Hanandjoeddin, Letkol. Pnb. Setiawan, Kabag Ops Polres Belitung, Kompol M. Nizar serta undangan lainnya. 

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung