Selasa, 27 Januari 2015 16:00

BUPATI ; TARGET KINERJA APARATUR NEGARA HARUS JELAS

SOSIALISASI PERMENPAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NOMOR 53 TAHUN 2014

               

Tanjungpandan – “Target kinerja aparatur negara sekarang ini harus benar-benar jelas” ucap Bupati Belitung pada acara Sosialisasi Permenpan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 53 Tahun 2014 yang bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung (27/1).

 

Bupati juga mengatakan, meskipun aturan kinerja ini sudah berlangsung lama, akan tetapi dalam implementasinya pelayanan publik yang selama ini diselenggarakan oleh Negara melalui institusi Pemerintah, masih dirasakan oleh masyarakat belum sesuai dengan harapan  mereka, sehingga hal tersebut mengindikasikan bahwa kinerja  yang diseIenggarakan oleh Institusi Pemerintah di Indonesia belum maksimal. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah harus dimulai dengan langkah pertama, yakni merubah orientasi input yang selama ini berfokus pada besaran penyerapan anggaran menjadi berfokus pada kesejahteraan masyarakat, serta mulai melakukan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran Negara  demi menghasilkan output atau outcome yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Langkah kedua, Aparatur Pemerintah harus memiliki target kinerja yang jelas dan tertulis dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu Atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

 

Bupati berharap agar langkah – langkah optimalisasi kinerja menjadi misi penting yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung dengan segera, mengingat  hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2014 untuk  Kabupaten Belitung mendapatkan nilai 38, 11 atau dengan predikat C (kurang).

 

Sementara itu, Anas Nasito selaku Kepala Bagian Organisasi dalam laporannya mengatakan terselenggaranya acara sosialiasi ini guna untuk perbaikan dan peningkatan hasil kinerja dan penilaian kinerja Pemerintah Daerah serta Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Belitung pada tahun sebelumnya. Selain itu juga perlu adanya peningkatan pemahaman pengetahuan dan tata cara kerja pegelolaan LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) maupun SAKIP yang baik dan benar serta berkualitas yang merupakan tanggung jawab kita semua sebagai aparatur negara.

 

Anas juga menjelaskan, narasumber pada acara sosialisasi yang pesertanya adalah pemangku jabatan pengelola LAKIP pada setiap SKPD Pemerintah Kabupaten Belitung ini berasal dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Raka Pamungkas, Ak Kepala Bidang Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, Pengawasan Pemerintah Daerah II.

 

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Karyadi Sahminan, S.E., M.A.P., Dinas/ SKPD di lingkungan Pemerintah Kab. Belitung, Kabag-kabag di lingkungan Sekretariat Daerah Kab. Belitung dan undangan lainnya.

 

Sumber: Bagian Organisasi Setda Kab. Belitung