Senin, 16 Februari 2015 16:00

Kabupaten Pesisir Selatan Kunker Ke Kabupaten Belitung Untuk Tingkatkan PAD Dari Sektor Pariwisata

Tanjungpandan - Sebanyak 42 Orang yang merupakan rombongan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terdiri atas Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Drs. Nasrul Abit, MBA, beserta Jajarannya, Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Martawijaya Datuak Rajo Bagampo  melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Belitung pada Hari Senin, (16/02/15) dan diterima secara resmi oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Budy Prastiyo, ST, MT , Unsur Forkopimda Kabupaten Belitung dan undangan lainnya di Rumah Adat Kabupaten Belitung.

 

Mengawali kunjungannya, Bupati Kabupaten Pesisir Selatan beserta rombongan disuguhi dengan sajian makan bedulang khas Pulau Belitung dan dilanjutkan dengan paparan selayang pandang Pemerintah Daerah oleh kedua Pimpinan Daerah.

 

”Kabupaten Belitung adalah salah satu Kabupaten yang baru terkenal namun sudah memiliki produk-produk hukum berupa Peraturan Daerah yang melindungi kegiatan Pariwisatanya seperti retribusi wisata”, jelas Drs. Nasrul Abit, MBA, dalam paparannya.

 

Maksud dari kunjungan ini menurut Nasrul “adalah untuk memperoleh sejumlah informasi penting salah satunya tentang produk hukum berkaitan dengan retribusi wisata di Kabupaten Belitung, agar kedepan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memiliki payung hukum terhadap retribusi wisata yang dipungut dan diharapkan mampu meningkatkan  PAD dari sektor pariwisata". Sehingga dalam kunjungan ini saya membawa Kepala Bapeda, Asisten 1, Asisten 2, Bagian hukum, tambah Bupati Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Sebelumnya, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh rombongan yang telah hadir dan berharap agar kegiatan ini mampu mempererat jalinan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Belitung dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

 

Melanjutkan paparannya, Sahani menjelaskan banyak hal yang berkaitan dengan potensi potensi alam yang dimiliki oleh Kabupaten Belitung, Laju Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Belitung yang meningkat setiap tahunnya, serta pengembangan dan capaian pada sektor - sektor unggulan, khususnya sektor Pariwisata. Sahani menjelaskan bahwa "Saat ini sektor pariwisata di Kabupaten Belitung terus mengalami perkembangan yang baik, terbukti dari adanya rencana pembangunan hotel berbintang yang akan segera dilaksanakan di Kabupaten Belitung, diantaranya  Hotel Mercure, Rich Carlton Hotel, dan Hotel Santika".

 

 

Selain itu, Sahani turut mengungkapkan bahwa “Rencananya pada tanggal 15 Maret mendatang Pemerintah Kabupaten Belitung akan mendapatkan kunjungan dari 4 Menteri, salah satunya Menteri Perhubungan Republik Indonesia dan akan ada rakor alumni ITB”.

 

Kunjungan kerja yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni pada 16 hingga 17 Februari 2015 tersebut, dilanjutkan dengan diskusi antara SKPD Kabupaten Pesisir Selatan dengan Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Belitung dan SKPD lainnya, serta peninjauan pada objek wisata di Kabupaten Belitung keesokan harinya. (FW)

 

Reporter : Ferdini Widiatama, S.I.Kom.

Editor       : Desy Resmita, S. Sos.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung