Senin, 9 Februari 2015 16:00

Pemkab Belitung Siap Dukung Dua Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan Untuk PNS

Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Program Jaminan Kematian (JK)

 

Tanjungpandan – Terlaksananya acara penandatanganan kerjasama antara Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos. bersama Kepala Kantor Wilayah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Selatan, Adjat Sudrajat, bertempat di Ruang Rapat Pemerintah Kabupaten Belitung, pada hari Senin (9/2/15), merupakan salah satu wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Belitung terhadap 2 (dua) Program Jaminan Sosial yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK).

 

“Kedua program tersebut nantinya akan meng-cover para PNS/ TNI/ POLRI dan mulai akan dilaksanakan per 1 Juli 2015 mendatang, sebab meskipun lahirnya sama dengan BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014 namun BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya dikenal dengan Jamsostek, baru benar – benar beroperasi per 1 Juli 2015” jelas Adjat Sudrajat.

 

Adjat mengatakan dengan perubahan Jamsostek yang merupakan BUMN menjadi Badan Pelayanan Publik dengan nama BPJS Ketenagakerjaan, maka mengharuskan pihaknya untuk segera melakukan hubungan antar lembaga dengan penandatanganan kerjasama, sehingga ada payung hukum dalam pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan di kabupaten/ kota, khususnya di Kabupaten Belitung.

 

“Kami berharap agar kita bisa menyusun data administrasi PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk menentukan besaran yang harus diusulkan kepada Kemendagri, sebelum benar – benar beroperasi pada 1 Juli 2015” tambah Adjat, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Selatan.

 

Dalam kesempatan yang sama, H. Sahani Saleh, S. Sos menyampaikan  apresiasi terhadap BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel dan berharap agar program – program seperti Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK) serta lainnya dapat disosialisasikan, khususnya kepada perusahaan maupun masyarakat di Kabupaten Belitung. Sahani juga berharap agar jaminan sosial bagi PNS bukan hanya berupa jaminan kesehatan saja, sebab PNS juga tenaga kerja.

 

 

Sementara itu, dalam acara yang sama Maryawan Eka Putra, dari pihak BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pangkal Pinang juga memberikan sosialisasi dan membuka tanya jawab mengenai program – program jaminan sosial tersebut dan mendapatkan antusias pertanyaan dari para undangan yang hadir.

 

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Belitung, H. Erwandi A. Rani, Asisten, para Kabag, Kepala Dinas/ SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, serta jajaran BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel. (FW)

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung