Rabu, 18 Februari 2015 14:00

FESTIVAL JERAMBA SUNGAI PADANG II

Kegiatan yang mengusung tema sungai padang The Smiling Paradise ini merupakan agenda event tahunan yang idenya berasal dari masyarakat Desa Sungai Padang untuk menunjang pariwisata Kabupaten Belitung. Festival ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat Desa Sungai Padang khususnya dan masyarakat luas secara umum, selain itu juga untuk lebih memperkenalkan potensi desa Sungai Padang yang memiliki beberapa tempat pariwisata yang patut diperhitungkan, ditambah berbagai produk dan kearifan local dan desa-desa lainnya di Kecamatan Sijuk.
 
 
Rangkaian kegiatan Festival Jeramba Sungai Padang akan berlangsung selama tujuh hari yaitu mulai tanggal 16-22 Februari 2015. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk dipertontonkan kepada masyarakat, diantaranya makan bedulang, lomba niti pinang, lomba panjat pinang, orkes melayu, barongsai, lomba mancing beluko, pertunjukan ngemping padi, lomba mincing kerisi, barong bali, lari marathon 5 km, lari seragam petani 200 m, lomba renang, cari kerang, jalan santai dan pentas seni.
 
 
 
Sementara itu, Pjs KepalaDesa Sungai Padang, Fadli mengatakan Festival ini merupakan program lanjutan yang diharapkan dapat terus dilaksanakan secara rutin. Namun semua itu tergantung dari masyaraktnya. ‘’Saya ucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat, baik berupa tenaga maupun dana. Mudah-mudahan melalui event ini Desa Sungai Padang bias lebih dikenal oleh public nasional mau pun internasional. Salah satu ikon yang paling ditonjolkan dari pariwisata di Desa Sungai Padang adalah panta Batu Bedil’, jelasnya.
 
 
Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Pariwisata yang berencana membangun kawasan tempat khusus seni budaya, tepatnya disebelah kiri jalan sebelum Jembatan Sungai Padang. Di lahan tersebut akan dibangun tempat wisata, seperti halnya tempat kuliner, galeri UKM, sehingga kedepannya Desa Sungai Padang akan dijadikan Desa Pariwisata Nasional. ‘’Saya bangga dengan kondisi Desa Sungai Padang karena memiliki potensi pariwisata yang  lengkap, seperti halnya kawasan pantai, pulau, hutan mangrove, seni budanya dan potensi alam’’, jelasnya.
 
 
Bupati juga berpesan dan menghimbau masyarakat setempat agar dapat menyediakan homestay untuk wisatawan. Karena sekarang wisawatan, khususnya wisatawan mancanegara lebih mencari Desa Wisata yang memiliki keindahan alam dan keramah tamahan masyarakatnya yang khas dan unik. Untuk itu, mari kita manfaatkan peluang ini sebagai upaya mendukung pariwisata daerah.
 
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung


Berita Lainnya