Rabu, 18 Februari 2015 15:00

BUPATI BELITUNG AUDIENSI DENGAN PENGURUS MUI KABUPATEN BELITUNG

MUI Kabupaten Belitung sampaikan 7 (tujuh) pokok bahasan
 
Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos mendengarkan secara langsung 7 (tujuh) pokok bahasan yang disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Kabupaten Belitung, K.H. Anwar DM beserta pengurus MUI dan Organisasi Keagamaan di Kabupaten Belitung, dalam kegiatan audiensi yang dilaksanakan pada hari Rabu (18/02/15), bertempat di Ruang Kerja Bupati Belitung.
 
 
Dalam temu dengar tersebut, K.H. Anwar DM menyampaikan tujuh pokok bahasan diantaranya hasil Rakorda MUI Wilayah II se- Sumbagsel pada Tanggal 17 s/d 19 Desember 2014 yang mendesak agar Babel segera membentuk Lembaga Pengawasan Obat dan Makanan MUI yang berguna untuk kelancaran pengurusan sertifikasi halal bagi produk makanan dan rumah makan, restoran dan hotel, serta menyampaikan masalah berkaitan dengan calon jama’ah umroh yang gagal berangkat lantaran mendaftar pada Biro perjalanan umroh murah namun bermasalah.
 
 
Menanggapi hal tersebut, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Kesehatan akan segera mengadakan langkah koordinasi terkait sertifikasi halal terhadap obat dan makanan. Sahani juga menegaskan “Sertifikasi halal terhadap obat, makan maupun restoran yang ada di Kabupaten Belitung, jangan sampai kita kecolongan seperti Daerah lain sehingga ada yang keracunan makanan dan bahkan menggunakan bahan – bahan yang tidak halal seperti babi”.
 
 
Ketegasan yang sama disampaikan juga oleh Sahani Saleh menanggapi adanya masyarakat Belitung yang gagal melaksanakan ibadah umroh beberapa waktu yang lalu, dan berharap agar MUI Kabupaten Belitung dapat melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib. “Pemerintah Kabupaten Belitung melalui dinas teknis terkait akan segera menginventarisir  travel maupun biro perjalanan umroh untuk kemudian dibina agar  kejadian serupa tidak terulang kembali”, jelas  Sahani.
 
 
Selain itu, audiensi ini juga membahas Peraturan Presiden RI Nomor 151 Tahun 2014 tanggal 17 Oktober 2014 tentang bantuan Pendanaan kegiatan MUI dan rencana bantuan hibah tahun 2015 yang akan direalisasikan dalam bentuk kegiatan pelatihan untuk kompetensi Dai/ Daiyah dan pelatihan tenaga Auditor Halal yang rencananya akan dilaksanakan pada Bulan April dan Mei Tahun 2015.
 
 
Dalam audiensi yang dihadiri oleh Kabag Kesra Setda Kabupaten Belitung, Kasubbag. PI dan Santel Bagian Humas Setda Kabupaten Belitung dan undangan lain, Ketua MUI Kabupaten Belitung juga  menyampaikan kegiatan silahturahmi Seratus Masjid dan Surau (SMS) se- Kabupaten Belitung dan mengenai bantuan pinjam pakai kendaraan roda empat kepada Pemerintah Kabupaten Belitung untuk kelancaran operasional MUI Kabupaten Belitung.
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung