Jum'at, 20 Februari 2015 16:00

PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN PENINGKATAN PRODUKSI PADI

Tanjungpandan - Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Peternakan Perkebunan dan Tanaman Pangan menggelar acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Program Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi di Kabupaten Belitung yang digelar pada Jum’at, (20/02) di Lokasi Sawah Dusun Kelekak Usang, Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan.
 
 
Dalam sambutannya Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos mengatakan, Kabupaten Belitung merupakan daerah kepulauan yang sangat bergantung dengan daerah lain sebagai pemasok bahan pangan kebutuhan pokok. Ketergantungan ini menjadikan daerah kita harus terus bergeliat membenahi diri dengan berbagai upaya melalui sektor pertanian, sub sektor tanaman pangan khususnya padi. Kabupaten Belitung dengan jumlah penduduk per mei 2014 lebih kurang 173.860 jiwa dengan konsumsi beras 93,87Kg per/kapita per/tahun, membutuhkan beras sebanyak 15.488.550 Kg/tahun, jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan lanjunya pertambahan jumlah penduduk. 
’Selain dari pada itu, keberadaan sawah sebagai salah satu faktor yang penting bagi proses penanaman padi di Kabupaten Belitung. Berrdasarkan data terakhir tahun 2014, lahan sawah yang sudah tercetak di Kabupaten Belitung mencapai seluas 709 Ha, dengan data lahan yang fungsional seluas 303 Ha dengan IP 100-150% dan produktivitas rata-rata 3,5 ton/ha’, ujar Bupati.
 
 
Dalam kesempatan ini,  Bupati juga menyampaikan dengan adanya ketersediaan sumber daya alam dan teknologi serta adanya dukungan infrastruktur yang menunjang, kita harus terus bangkit dan mengembangkan sektor pertanian terutama sub sektor tanaman pangan, yang seharusnya dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap penyediaan bahan pangan daerah.
 
 
Sementara itu, Dandim 0414 Belitung, Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus dalam sambutannya mengatakan program ketahanan pangan merupakan salah satu isu yang sangat strategis, tidak mungkin ketahanan pangan nasional bisa tercapai tanpa ketahanan pangan daerah dan tidak mungkin ketahanan pangan terwujud tanpa swasembada pangan. 
 
 
Untuk itu, dalam mensukseskan program swasembada pangan di Kabupaten Belitung, tentunya menjadi "concern" TNI-AD, khususnya Kodim 0414 Belitung sebagai satuan pembina teritorial merasa terpanggil untuk mendarmabhaktikan tenaga dan pikiran dalam mengawal keberhasilan program swasembada pangan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
 
 
Acara ini dtandai penandatangan nota kesepahaman antara Bupati Belitung dengan Dandim 0414 Belitung, terkait Program Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi di Kabupaten Belitung. Turut hadir dalam acara Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Peternakan Perkebunan dan Tanaman Pangan, Drh. Endang Titiek, Camat Badau, Marzuki, S.Ip, Kepala Desa, para prajurit TNI, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung