Kamis, 26 Februari 2015 16:00

WAKIL BUPATI BELITUNG BUKA FORUM SKPD

Tanjungpandan__Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani membuka secara resmi kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah Tingkat Kabupaten Belitung yang bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Belitung pada kamis (26/02).
 
 
Forum SKPD yang kita laksanakan pada kesempatan ini merupakan penjabaran dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian/Lembaga. Dalam hal ini, Pemerintah perlu menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Kerja Tahunan atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggaraan pemerintahan di pusat dan daerah dengan melibatkan masyarakat.
 
 
Dalam sambutannya, Wabup mengatakan bahwa untuk 5 (lima) tahun ke depan Visi yang di emban oleh Bupati dam Wakil Bupati Belitung adalah Kabupaten Belitung Sejahtera, Berdaya Saing, Inovatif, dan Bermartabat. Untuk itu, pendekatan politik menekankan pada upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi Kepala Daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Belitung 2013-2018. Sedangkan perencanaan dengan pendekatan teknokratik dilaksanakan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah oleh Lembaga atau satuan kerja yang secara fungsional sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006, lanjut Wakil Bupati.
 
 
Dalam kesempatan ini, Wabup juga menyampaikan bahwa Kabupaten Belitung merupakan Kabupaten yang mempunyai kemajuan yang signifikan dalam pembangunan daerah yang terlihat dari peningkatan angka pertumbuhan ekonomi sebesar 5.93% dan angka IPM sebesar 74,82%. 
‘’Saya yakin dan percaya dengan pembangunan yang terencana serta di dukung implementasi mekanisme sistem tata kelola pemerintah serta infrastruktur yang tepat akan menjadikan Kabupaten Belitung terus bergerak maju menuju perubahan yang lebih baik lagi. Untuk itu, saya berharap kita terus berjuang untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Belitung’’, ujar Wabup.
 
 
urut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD kabupaten Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, para anggota DPRD Kabupaten Belitung, Sekretaris Bappeda Propinsi Kepulauan Babel, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto, para Asisten, Kepala Dinas, Kabag, Lurah, Kepala desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Organisasi, serta undangan lainnya.
 

 

Sumber: Bappeda Kabupaten Belitung