Jum'at, 6 Maret 2015 16:00

BUPATI BELITUNG LANTIK PEJABAT ESELON II, III, IV DAN KEPALA SEKOLAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan -- Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos melantik sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Kegiatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Setara Eselon II), Administator (Setara Eselon III), Pengawas (Setara Eselon IV) dan Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung berlangsung di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung pada hari Jum’at, (6/3).
 
 
Dalam sambutannya, Bupati Belitung mengatakan, alih tugas dan mutasi merupakan hal yang biasa yang kita laksanakan selaku aparatur Pemerintah, Abdi Negara, dan Abdi Masyarakat. Hal ini dilakukan secara periodik guna menguatkan mekanisme sistem yang terus berjalan, sekaligus bentuk konkrit dari upaya penyegaran peran, tugas dan fungsi agar tidak terjadi stagnasi yang sifatntya monoton, namun lebih diarahkan pada keseimbangan job description berbasis kinerja, profesionalisme, dan integritas. Dan muara akhirnya adalah terbentuknya birokrasi Pemerintahan yang handal serta mampu memberikan pelayanan prima kepada publik sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
 
 
Lebih lanjut, dijelaskan Bupati, pergantian pejabat merupakan hal yang biasa dan lumrah dalam rangka pengembangan karir dan evaluasi dari pejabat yang bersangkutan, pada kerangka penataan organisasi, promosi sekaligus konsekuensi logis dalam sebuah organisasi sekaligus sebagai gambaran proses dinamika dan perwujudan upaya lebih meningkatkan pelayanan secara efektif dan efisien serta profesional kepada masyarakat.
 
 
Reformasi birokrasi yang digagas beberapa tahun silam telah merubah paradigma dan pendekatan sistem pemerintahan menjadi lebih proaktif kepada publik. Bahkan selaku aparatur pemerintah, baik individu maupun lembaga kita dapat dikenai sanksi hukum apabila tidak mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan disinilah integritas dan profesionalisme kita dipertanyakan guna menjawab setiap persoalan yang muncul ke permukaan, ‘’Oleh karena itu, salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan dan memantapkan tata penyelenggaraan Pemerintahan adalah dengan mengembangkan dan meningkatkan kemampuan aparatur pemerintah dalam pelaksanaan tugas membimbing dan melayani masyarakat. Karena aparatur pemerintah harus benar-benar merupakan abdi Negara dan abdi Masyarakat yang bermental baik dalam menjalankan tugas umum pemerintahan, tugas pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat’’, jelsnya.
 
 
Diakhir sambutannya, Bupati Belitung juga menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat Eselon II, III dan IV yang baru saja dilantik. ‘’Kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh Negara dipundak saudara-saudara sekalian, benar-benar dijalankan dengan penuh perhatian, komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Hal ini penting untuk dipahami dan dijiwai, karena konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada Bangsa, Negara dan Masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa’’, tegasnya.
 
 
Turut hadir dalam acara, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani, Para Asisten, Kepala SKPD, Kepala Bagian, Para Camat, Lurah, serta undangan lainnya.
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung