Jum'at, 6 Maret 2015 16:00

PEMKAB BELITUNG SIAPKAN PROSES SELEKSI TERBUKA

Tanjungpandan --- Undang-undang Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) membawa perubahan dasar dalam manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). PNS akan menjadi suatu profesi dan berubah menjadi Aparatur Sipil Negara. Dengan berubahnya nama PNS menjadi ASN, maka dapat membawa dampak perubahan bagi birokrasi di Indonesia dan bergeser dari pola lama dilayani menjadi pelayan. Selain itu, Undang-undang ini juga menetapkan mekanisme seleksi terbuka untuk pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang lowong. ‘’Dengan demikian diharapkan agar pejabat yang menduduki jabatan pimpinan tinggi merupakan orang-orang pilihan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan jabatan yang didudukinya’’, ujar Bupati Belitung, H.Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutannya dalam acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Eselon II,III,IV dan Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, bertempat di  Gedung Serba Guna pada Jum’at, (6/03).
 
 
Selain itu Bupati juga menyampaikan bahwa proses mutasi pada kesempatan ini belum menggunakan mekanisme seleksi jabatan, karena hanya bersifat alih tugas/mutasi jabatan saja. Namun pada alih tugas jabatan saat ini telah mengacu pada ketentuan peraturan yang dimaksud yang menyatakan bahwa Pejabat Tinggi maupun Pejabat Administrator Kepala SKPD yang telah menduduki jabatan selama 5 tahun lebih, maka dapat dilakukan penilaian kembali terkait kesesuaian kompetensi dan jabatan yang diduduki.
 
 
‘’Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung telah mempersiapkan proses seleksi terbuka untuk mengisi jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrator Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang kosong, dan dalam waktu dekat akan segera diumumkan ke publik’’, kata Sahani.
 
 
Bupati juga meminta agar seluruh pejabat yang telah dilantik dapat meneguhkan niat dan tekad untuk menjadi teladan, baik dalam menjalankan tugas maupun sebagai anggota masyarakat. Semua ini jelas harus tercermin dalam setiap pelaksanaan tugas kerja sehari-hari dengan mengembangkan sikap disiplin, profesionalisme, prestasi kerja serta perilaku kerjasama yang saling menghargai.
 
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung