Kamis, 12 Maret 2015 16:00

BUPATI BELITUNG BUKA MUSRENBANG RKPD TINGKAT KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan -- Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Belitung, bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Belitung pada Kamis, (12/03).
 
 
Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, Musrenbang RKPD Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Belitung ini merupakan penjabaran dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah, dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian/Lembaga. 
 
 
‘’Dalam hal ini, Pemerintah Daerah perlu menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Tahunan atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggaraan pemerintahan di pusat dan daerah melibatkan masyarakat’’, lanjut Bupati.
 
 
Ditambahkan Bupati, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2016 tingkat Kabupaten Belitung adalah salah satu dari seluruh rangkaian tahapan perencanaan pembangunan, dimana setiap SKPD dan kecamatan saling mensinkronisasikan semua rencana pembangunan di tingkat kecamatan dengan difasilitasi dan dikoordinasikan oleh Bappeda.
 
‘’Selain daripada itu, saya sampaikan pula, untuk tahun-tahun ke depan kita juga tetap memprioritaskan 3 sektor unggulan sebagai pilar pembangunan, sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Belitung yaitu; sektor kepariwisataan, sektor kelautan dan perikanan serta sektor perhubungan. Tentunya dengan tetap didukung oleh seluruh sektor pada masing-masing SKPD, terutama bidang pendidikan dan kesehatan’’, jelas Bupati.
 
 
Diakhir sambutannya Bupati Belitung juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para undangan dalam rangka membahas usulan rencana pembangunan untuk tahun anggaran 2016 dari tingkat kecamatan se-Kabupaten Belitung, serta forum SKPD Kabupaten Belitung. ‘’Semoga kegiatan ini  akan mendatangkan banyak manfaat bagi tercapainya kualitas hidup masyarakat yang semakin baik dari waktu ke waktu’’, harap Bupati.
 
 
Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir.Arpani dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Belitung (Musrenbang) Tahun 2015 bertujuan untuk Penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2016. Kegiatan ini mengusung tema "Dengan Musrenbang RKPD Kabupaten Belitung, kita tingkatkan pembangunan yang bersinergi dan berkelanjutan untuk mewujudkan kemandirian perekonomian daerah melalui pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis potensi sumber daya lokal dan optimalisasi peranan usaha mikro kecil dan menengah’’.
 
 
Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Bappeda Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung,  Budi Prasetyo, beserta anggota, Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E., M.A.P., Asisten I Bidang Pembangunan Setda, Mirang Uganda, SH, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si, Asisten III Bidang Administrasi Setda, Darma Bakti, S.Sos, Kepala SKPD se-Kabupaten Belitung, para camat, lurah, kepala desa serta undangan lainnya.
 
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung