Rabu, 18 Maret 2015 16:00

BELITUNG JADI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) PARIWISATA

Tanjungpandan -- ‘’Pariwisata Belitung bakal menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Ada 10 daerah yang diminta oleh Menteri Perekonomian dan saat ini sudah ada 3 yakni Tanjung Lesung, Mandalika dan Morotai. Untuk itu, mumpung saya saat ini berada di Belitung, maka Belitung saya masukkan ke nomor 4 untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata’’, kata Menteri Pariwisata dalam paparannya pada kegiatan Dialog Pembangunan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ITB bertempat di Meeting Room Hotel Aston pada Sabtu (14/03).
 
Nantinya KEK Pariwisata akan banyak memberikan keunggulan bagi daerah. Alam sudah tersedia, tinggal memantapkan komitmen dan konsisten untuk membangun. Untuk itu, Gubernur dan Bupati harus aktif dan segera melengkapi persyaratan."Menurut Bupati sudah ada yang siap untuk membangun disini, kalau itu ada saya akan minta Gubernur susun itu dan ajukan kembali Belitung untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata’’, kata Menteri Pariwisata.
 
Menteri Pariwisata juga berpesan kepada Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bupati Belitung untuk segera bergerak kembali mengajukan pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. ‘’Jika sudah ditetapkan menjadi KEK maka dalam Sidang Kabinet Terbatas, boleh membangun jalan, sampai dengan jalan kabupaten, boleh intervensi istilahnya, karena kalau nggak total solution nanti jalan negaranya jadi, harus diprioritaskan dan ditetapkan sebagai KEK Nasional atau Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) karena itu saya sudah setuju dan mohon kepada Gubernur untuk ulang lagi usulan disini untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata’’, Ujar Arief Yahya.
 
Sementara itu, Gubernur Propinsi Kepulauan Babel, Rustam Effendi mengapresiasi apa yang diputuskan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan akan segera berkoordinasi dengan Bupati Belitung H.Sahani Saleh,S.Sos untuk mempersiapkan segala persyaratan menuju Belitung menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Tentunya hal ini akan memantapkan langkah Belitung menuju Destinasi Dunia. 
 
Selanjutnya Bupati Belitung H.Sahani Saleh,S.Sos mengaku sangat bersemangat untuk menindaklanjuti keputusan Menteri Pariwisata in,i dan ia akan segera berkomunikasi dengan seluruh jajaran aparatur daerah untuk melengkapi semua persyaratan dalam upaya menjadikan Belitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Dengan ditetapkannya Belitung menjadi (KEK) Pariwisata tentunya akan membawa dampak yang begitu besar bagi Belitung. ‘‘Yakinlah Pariwisata Pulau Belitung akan maju dan menjadi destinasi wisata dunia’’, kata Bupati.
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung