Selasa, 24 Maret 2015 10:00

Erwandi Tinjau Keramba Apung Budidaya Ikan Kerapu di Pulau Rengit Desa Pegantungan Kecamatan Badau

 

Badau – Keramba apung yang berada  di perairan pulau Rengit desa Pegantungan Kecamatan Badau, menarik perhatian Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani untuk secara langsung turun ke lapangan meninjau aktivitas budidaya ikan Kerapu, Selasa (24/03).

 

Pengembangan di sektor kelautan dan perikanan memang gencar –gencarnya dikembangkan oleh pemerintah pusat. Untuk itu Pemerintah Daerah harus ikut serta mengembangkan sektor tersebut. Terkait hal tersebut, Erwandi  berinisiatif untuk  melihat potensi kelautan dan perikanan apa yang mampu dikembangkan di Kabupaten Belitung. Kunjungan ke keramba apung   di pulau Rengit membuat Erwandi  takjub dan sangat mendukung, terlebih jika banyak masyarakat terlibat akan hal tersebut.  “  Ternyata budidaya ikan Kerapu bisa berkembang dengan baik di perairan Belitung jika dibarengi dengan ilmu pengetahuan ‘, ujar Erwandi.

 

Saat menginjakkan kaki di keramba apung Erwandi mendapati pengelola sedang menangkap dan melempar- lempar ikan dari tong yang berisikan air. Erwandi menanyakan hal tersebut dan mencoba melakukan hal yang sama tanpa ragu. Azwa selaku pemilik menjelaskan pada ikan Kerapu terdapat kutu yang harus dibersihkan dengan membilasnya dengan air tawar, “ cukup dengan menyalinnya ke dalam tong yang berisikan air tawar kemudian dikembalikan ke air laut “, jelasnya. Azwa mengaku sudah menularkan dan membina masyarakat untuk mengelola budidaya ikan Kerapu, akan tetapi keinginan dan kesungguh - sungguhan dari masyarakat sendiri sangatlah minim. Akan tetapi ada binaannya yang mampu berkembang seperti budidaya yang ada di desa Tanjung Rusa Kecamatan Membalong dirasa  cukup berhasil.

 

Erwandi berharap sinergi dari berbagai pihak diperlukan dalam mengembangkan kelautan dan perikanan, terutama keinginan kuat dari masyarakat dan pemerintah siap membantu jika terdapat permasalahan dalam pengembangannya “.

 

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung


Berita Lainnya