Kamis, 9 April 2015 16:00

Asisten III Buka Lomba Teknologi Tepat Guna Kabupaten Belitung Tahun 2015

Tanjungpandan - Lomba Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung dibuka secara resmi oleh Asisten III bidang Administrasi, Darma Bakti, S. Sos. pada hari Kamis (9/ 4/2015) bertempat di Halaman Kantor BPMPDPKB Kabupaten Belitung.
 
Ketua Panitia Lomba,  Eko A. Widjanako SH, dalam laporannya menjelaskan bahwa lomba ini penting untuk dilaksanakan dan merupakan sarana untuk menyampaikan informasi tentang teknologi terbaru tepat guna yang dihasilkan oleh inovator di Kabupaten Belitung. Eko juga menambahkan lomba Teknologi Tepat Guna Tahun ini juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat di Kabupaten Belitung, khususnya tentang perkembangan IPTEK yang terjadi, seiring dengan modernisasi zaman.
 
Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi, Darma Bakti, S. Sos.  mewakili Bupati Belitung  dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung atas diselenggarakannya lomba tersebut. Darma juga mengatakan bahwasannya Pemerintah Kabupaten Belitung sangat mendukung lomba tersebut dan mendorong para peserta untuk terus menciptakan serta mengembangkan teknologi tepat guna. Namun perlu juga diingat, bahwa teknologi yang diciptakan harus tetap berbasis pada kearifan lokal dan berorientasi pada kelestarian lingkungan, sehingga dalam penerapannya teknologi yang ada tidak mengusik nilai sosial maupun nilai budaya dilingkup masyarakat, jelas Darma dihadapan peserta dan undangan.
 
Adapun hasil inovasi teknologi yang ditampilkan oleh peserta pelajar dalam lomba ini, antara lain: alat penghalus lada karya SMPN 6 Tanjungpandan; Kompor Hemat BBM karya SMPN 1 Selat Nasik; Alat Pendeteksi Bubu Ikan karya SMPN 2 Tanjungpandan;  Mesin Pengering Produk kelautan segala kondisi dan cuaca serta Pencetak Bakso Manual" danco" karya SMAN 1 Tanjungpandan; Alat "Frezeer Box" Alternatif Pendingin dibawah nol derajat celcius karya SMKN 1 Selat Nasik; Mesin Penggulung Benang Obras Otomatis, Helm Anti Boring dan Mesin Pemberi Pakan karya SMKN 2 Tanjungpandan, serta ditampilkan juga Alat Pemeretel Padi, Alat Pembilas Sahang dan Pemotong singkong karya dari siswa siswi SMAN 2 Tanjungpandan.
 
 
Sedangkan untuk hasil inovasi Teknologi Tepat Guna yang ditampilkan peserta dari masyarakat di 5 (lima) Kecamatan, antara lain: Alat Parut Manual Tanpa Energi karya M. Tamil dari Kecamatan Selat Nasik;  Pemanfaatan Teknologi Baruna karya Eko Prastio dan Hardiansyah dari Kecamatan Tanjungpandan, serta Alat Penjernih Air Limbah Deterjen karya Ulin Nuha dan Johanna dari Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 1 Tanjungpandan.
 
Hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung, Kepala SKPD, Camat, Lurah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, serta undangan lainnya.
 
Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung