Selasa, 14 April 2015 17:00

Pelatihan Jurnalistik Dalam Menghadapi Keterbukaan Informasi

Tanjungpandan -- Selasa (14/4), Pemerintah Kab. Belitung melalui Dishubkominfo Kab. Belitung menggelar Pelatihan Jurnalistik yang di khususkan bagi aparatur SKPD di lingkungan Pemkab. Belitung dan di buka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kab. Belitung Drs. Ayi Thamrin Arifin. 
 
Dalam sambutannya Ayi mengatakan, pelatihan ini terselenggara mengingat bahwa masih banyaknya sumber daya manusia di setiap SKPD yang harus siap menghadapi keterbukaan informasi. Maka sebagai aparatur yang akan langsung berhadapan dengan masyarakat, tentunya dibutuhkan keahlian dalam mengemas segala informasi yang akan di publikasikan. Ayi berharap, dengan pelatihan ini peserta dapat mengetahui teknis tulisan berita yang sarat nilai (news value) dengan tetap memperhatikan aktualitas berita, kelayakan berita, kebutuhan publik, check dan re-check masalah dan bagaimana membuat terobosan dan kreasi penulisannya.
 
Sementara itu Eka Medista Simanjuntak, ST. M.SE selaku ketua panitia melaporkan nara sumber kegiatan ini langsung dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Roma Mustakim Redaktur News Room Info Publik Kominfo dan Agus Setia Budiawan, Redaktur Foto Info Publik, Direktorat Pengelolaan Media Publik, Direktorat Jenderal Informasi Keterbukaan Publik, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Eka juga menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan SDM khususnya dalam bidang jurnalistik untuk mendukung dan membantu penyebaran informasi publik terkait tugas dan kewajiban penyebaran informasi publik bagi aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. 
 
Acara yang di ikuti oleh 50 orang peserta berasal dari aparatur SKPD, Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung ini, berlangsung dari tanggal 14 - 16 April 2015. 
 
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung