Senin, 20 April 2015 12:00

PEMKAB BELITUNG GELAR UPACARA PERINGATAN HUT SATPOL PP KE-65 DAN SATLINMAS KE-53

Tanjungpandan, Belitungkab - Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Satuan Polisi Pamong Praja menggelar kegiatan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-65 dan Satlinmas ke-53 yang berlangsung pada Senin, (20/4) di Halaman Kantor Bupati Belitung.
 
Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo yang dibacakan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dijelaskan bahwa peran strategis Satuan Pamong Praja dalam pelaksanaan Pemerintahan di daerah dijabarkan pada pasal 12 ayat (1) HURUF “e” Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.  Dengan dimasukkannya urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat dalam urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, sejajar dengan lima urusan dasar lainnya yakni ; urusan pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, serta urusan sosial. Konsekuensi logisnya adalah organisasi yang menanganinya harus benar-benar profesional dan memenuhi kriteria standar pelayanan minimal agar masyarakat benar-benar mendapatkan pelayanan yang maksimal atas urusan wajib yang harus dilaksanakan pemerintah daerah tersebut. ‘’Untuk itu, saya ingin menyampaikan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat adalah Institusi yang sangat penting dan strategis bagi jalannya roda pemerintahan di daerah. Sejalan dengan hal tersebut, peran strategis Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Tanpa perhatian yang serius dan dukungan oleh Pemerintah daerah, maka hasil yang dicapai tidak akan optimal,’’ ujar Bupati.
 
Lebih lanjut, Bupati juga mengatakan semangat yang ada pada Polisi Pamong Praja bisa menjadi boomerang ketika tidak didukung dengan profesionalitas. Hal ini jika hanya mengutamakan kerja keras, tanpa didukung dengan kerja cermat dan kerja cerdas. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Kementerian Dalam Negeri mendorong profesionalisme Polisi Pamong Praja melalui jabatan fungsional berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja dan angka kreditnya.  ’’Melalui jabatan fungsional tersebut, diharapkan Polisi Pamong Praja akan diisi oleh orang-orang professional yang memiliki kompetensi dibidang tugasnya, sehingga tidak hanya mengandalkan otot semata, namun juga pikiran dan perasaannya atau dalam istilah yang sedang trend saat ini adalah body, mind, and soul  yaitu menggunakan tubuhnya secara terampil sesuai prosedur yang ada, menggunakan pikirannya untuk memahami pengetahuan dan peraturan yang menjadi pijakan tindakannya serta menggunakan perasaannya untuk menyentuh nilai-nilai humanism yang ada di masyarakat,’’ kata Bupati.
 
Peringatan ini juga dimeriahkan dengan kegiatan donor darah, bhakti sosial dan syukuran yang diisi dengan acara pemberian penghargaan terbaik kepada anggota Satpol PP. Turut hadir dalam upacara, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani, A.Md, Danlanud Tanjungpadan, Letkol. (Pnb) Anang Heru Setyono, Dandim 0414 Belitung, Letnan Kolonel Arh. Marthen, Kapolres Belitung, AKBP Candra Sukma Kumara, Sekda Belitung, Karyadi Sahminan, S.E, M.A.P, Kasatpol PP Propinsi Kepulauan Babel, kepala SKPD, Camat, lurah, serta undangan lainnya.
 
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung


Berita Terkait