Senin, 4 Mei 2015 08:30

PENDATAAN KELUARGA DI KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2015

 

Tanjungpandan - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Jumat (01/05) 2015, melakukan pendataan keluarga serentak di 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung. Pendataan Keluarga di Kabupaten Belitung melalui BPMPDPKB Kab Belitung diawali dari Rumah Dinas Bupati Belitung, Senin (04/05) 2015, di RT.11/RW.05 Lingkungan Gaparman Kelurahan Lesung Batang Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

 

     Dua petugas Yuliana dan Surti Margono  yang mendatangi rumah Bupati Belitung, disambut langsung oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dan  istrinya,  Asmara Sahani. Setelah melakukan pendataan petugas menempelkan stiker di dinding depan dekat pintu masuk sebagai tanda bahwa rumah Bupati Belitung sudah didata oleh petugas setempat.

 

     Dalam laporannya, Kepala BPMPDPKB Kab. Belitung mengatakan, sesuai dengan Amanat Peraturan Pemerintah No.87 Tahun 2014 Tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Kelurga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga menyatakan bahwa pendataan keluarga adalah tata cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan pemanfaatan data demografi, data keluarga dan data keluarga berencana yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan dilakukan setiap lima tahun sekali. Sedangkan pendataan pada tahun 2015 ini, dilaksanakan pada tanggal 01 Mei hingga 31 Mei 2015 diseluruh wilayah Kabupaten Belitung. Tujuan khusus pendataan ini, adalah untuk menghasilkan data demografi, keluarga berencana, keluarga menurut tahapan keluarga sejahtera dan data base bagi anggota keluarga di Kab. Belitung, sedangkan tujuan umumnya tersedianya data kelurga by name by address.

 

     Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dalam kesempatan ini mengatakan, kedepan dengan data yang diperoleh oleh pemerintah melalui pendataan keluarga tahun 2015 ini, dapat dijadikan sebagai salah satu dasar penentuan arah kebijakan pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Belitung dalam upaya membangun Kab. Belitung menjadi lebih baik lagi.

 

     “Saya berharap kepada masyarakat/keluarga di Kab. Belitung ini, pro aktif untuk menyukseskan pendataan keluarga yang dilaksanakan oleh petugas dari BPMPDPKB. Saya juga meminta masyarakat untuk  memberikan data yang benar sehingga data yang dihasilkan nanti valid “ ujar Sahani.

 

     Turut hadir di kediaman Bupati Belitung, Kepala BPMPDPKB Kab.Belitung, Camat Tanjungpandan, Kabag Humas Kab.Belitung, Lurah Lesung Batang, Ketua RT, Kepala Lingkungan beserta tamu undangan lainnya.

 

 

Sumber: (Sumber : BPMPDPKB Kab.Belitung)