Selasa, 12 Mei 2015 14:00

Desa Badau dan Kelurahan Paal Satu Ikuti Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi

 

Belitung – Desa Badau dan Kelurahan Paal Satu mewakili Kabupaten Belitung dalam  lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada kegiatan  Evaluasi perkembangan Desa/ Kelurahan  Tahun 2015. Kecamatan Badau merupakan pemenang lomba tingkat Kabupaten Belitung, dan berhak mengikuti perlombaan desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Pada kegiatan penilaian yang berlangsung di Kantor Desa Badau, Selasa (12/05), Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan,SE,M.A.P  dalam sambutannya mengatakan bahwa “ Pada dasarnya seluruh aspek penilaian lomba desa atau kelurahan dilakukan secara objektif dan transparan sesuai dengan kriteria dan standarisasi yang telah ditentukan, untuk memberikan arah yang jelas dalam pembinaan dan pengembangan potensi desa guna mendorong kesejahteraan masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, perlombaan desa ini merupakan upaya strategis untuk memacu semangat pembangunan multisektor di desa, dengan indikator hasil pembinaan yang terukur dan terstandarisasi, sehingga perkembangannya dapat terarah dan terpantau secara berkelanjutan. Untuk itu , kepada seluruh jajaran perangkat desa Badau, saya harapkan agar dapat memberikan data dan fakta yang sesungguhnya pada proses penilaian, sehingga apapun hasil akhir dari penilaian ini nantinya merupakan cermin yang jujur dari kondisi kita yang sesungguhnya “, ujar Sekda.

 

Pada hari yang sama, penilaian juga dilaksanakan  di Kelurahan Paal Satu, dihadapan tim penilai, Lurah Paal Satu, Argianty Malviani,S.STP,  memaparkan secara lengkap profil Kelurahannya diantaranya prestasi – prestasi yang telah di capai, kegiatan kelembagaan,  pembinaan  masyarakat dan lain sebagainya.

 

Sementara itu, Mirang Uganda, SH,  Asisten I setda  Kabupaten Belitung dalam sambutannya mengatakan “  Salah satu cara untuk menanggulangi berbagai dinamika pembangunan yang terjadi di masyarakat adalah keterlibatan aktif masyarakat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kader Pemberdayaan Masyarakat, Organisasi Kepemudaan Tim Penggerak PKK yang ada di kelurahan. Saya berharap agar penilaian lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2015 dapat berjalan dengan lancar. Besar harapan kami agar penilaian dilaksanakan secara objektif dan sesuai dengan acuan yang ada “.

 

Ketua tim penilai, Syaifuddin, SH,  yang juga Kepala BPMPD Provinsi mengatakan “ Kegiatan ini diselenggarakan dimaksudkan  untuk meningkatkan motivasi, memberikan penguatan terhadap kelembagaan masyarakat termasuk pengentasan kemiskinan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terdapat 76 Kelurahan dan 309 desa di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tengah mengikuti lomba desa dan kelurahan tersebut. Pada proses penilaian, kami sangat professional, objektif dan akurat,  peraih juara pertama pada lomba ini, nantinya akan diundang langsung berangkat ke Jakarta di Istana Presiden pada peringatan  17 Agustus 2015 mendatang “, jelas Syaifuddin. 

 

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung