Senin, 25 Mei 2015 09:00

FASILITASI KB MUSPIDA PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2015

 

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri Acara Fasilitasi KB Muspida Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015 yang dibuka langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi, Senin (25/05) 2015, bertempat di Halaman Kantor BPMPDPKB Kabupaten Belitung. Penyelenggaraan Fasilitasi KB Muspida Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015 ini, dilaksanakan di tiga kabupaten. Untuk Pencanangannya dilaksanakan di Kabupaten Belitung pada Tanggal 25 Mei 2015, selanjutnya akan dilaksanakan fasilitasi dan pelayanannya di Kota Pangkalpinang pada tanggal 12 Juni 2015 dan akan dilaksanakan penutupan kegiatan di Kabupaten Bangka Tengah pada tanggal 11 Agustus 2015.

 

Ketua Panitia Pelaksana Fasilitasi KB Muspida Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2015, dalam laporannya mengatakan, Keluarga Berencana adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran / pelayanan kesehatan reproduksi, pembinaan ketahanan keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. “Kegiatan Fasilitasi  KB Muspida ini merupakan salah satu upaya konkrit yang telah diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mensukseskan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana. Melalui kegiatan ini keluarga-keluarga sasaran dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan dan penyuluhan KB terutama terhadap keluarga yang berada di daerah yang jauh dari Pusat Pelayanan Statis”  ujar Ketua Panitia Pelaksana.

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan dalam konteks pencapaian Millenium Development Goals (MDGs), program kependudukan dan KB secara nasional menghadapi berbagai masalah yang harus diselesaikan, seperti Angka Kematian Ibu melahirkan yang masih relatif tinggi. Walaupun di Kabupaten Belitung, Angka Kematian Ibu (AKI) masih dibawah rata-rata nasional, namun kita tidak boleh lengah, harus terus berupaya menurunkan angka kematian ibu melalui berbagai program/kegiatan, diantaranya kesehatan reproduksi, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

 

“Kita sadari bersama, bahwasanya pembangunan yang kita lakukan selama ini akan berkurang maknanya jika laju pertumbuhan penduduk tidak terkendali dan berkembang dengan begitu cepat. Penduduk sebagai modal dasar pembangunan merupakan titik sentral pembangunan berkelanjutan. Karena seyogyanya keberhasilan dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas penduduk akan memperbaiki segala lini pembangunan dan mempercepat terwujudnya masyarakat yang sejahtera” ujar Sahani Saleh.

 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi dalam sambutannya juga mengatakan, Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga masuk didalam 9 agenda prioritas pembangunan (NAWACITA) pada butir ke 5 “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia” pada fokus pertama (Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana), seluruh arah kebijakan dan strategi Pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga harus mengacu pada butir ke 5 NAWACITA tersebut dan telah tertuang di dalam RPJMN 2015-2019. Upaya untuk meningkatkan kualitas hidup Manusia Indonesia, diantaranya dilakukan melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga, kebijakan program keluarga berencana diarahkan pada peningkatan keterpaduan dan peran serta masyarakat, pembinaan keluarga dan perlindungan hak-hak reproduksi.

 

“Melalui kesempatan ini perlu saya sampaikan beberapa hal yaitu, mengajak unsur Forkompinda Provinsi sampai ke tingkat desa/kelurahan agar mengerahkan perangkatnya untuk melakukan promosi, penggerakan dan mengajak PUS yang ingin ber KB ke tempat pelayanan dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas partisipasi dan peran sertanya dalam pelaksanaan program KB di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” ujar Rustam.

 

Acara ini juga dihadiri oleh unsur Forkompinda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan unsur FKPD Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas/Badan/Biro/Bagian di lingkungan Pemerintah Provinsi Kep.Babel dan Kabupaten Belitung serta Belitung Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kep. Babel, Ketua TP PKK Kabupaten Belitung dan Belitung Timur beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: HUMAS SETDA KAB. BELITUNG