Senin, 8 Juni 2015 14:00

Perkemahan Budaya Pramuka Penggalang Tingkat Nasional Tahun 2015

SIAK, dishubkominfo.belitungkab.go.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan membuka secara resmi Kemah Budaya Nasional 2015 di Kabupaten Siak. Pembukaan ditandai pemetikan alat musik gambus diiringi pemukulan alat musik marwas oleh Kepala Kwarnas Adyaksa Daud. Pembukaan KBN juga dihadiri oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Mardjan, Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi, Bupati Siak dan Kwarda, Kwarcab dari 34 Provinsi di Indonesia.
 
Bumi Perkemahan Pramuka Tengku Buang Asmara, Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak menjadi tempat berlangsungnya KBN (Kemah Budaya Nasional) 2015 dari tanggal 3 sampai 8 Juni 2015 dengan peserta berasal dari 34 Kwarda serta 115 peserta undangan dari Johor Malaysia.
 
Kemah Budaya Nasional 2015 mengambil tema “Harmoni di Tanah Melayu Menuju Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Tahun 2045″, dengan motto “Satyaku kudarmakan, darmaku ku baktikan”.
 
Kontingen Belitung melakukan deville, Lapangan Tugu depan Istana Siak, Kamis 04/06. (HS/AMP)
 
KBN 2015 diisi dengan kegiatan seperti pertandingan persahabatan, permainan tradisional, upacara penyambutan, orientasi KBN, upacara pembukaan, konferensi pers, temu tokoh, workshop tari Zapin, workshop bersyair, jelajah budaya dan sejarah, pameran budaya, gelar kuliner tradisional khas Melayu, serta pementasan Siak Bermadah dan juga diadakan perlombaan antar peserta seperti pentas seni, permainan tradisional, seni budaya melayu, seni kriya, lomba masakan nusantara serta kegiatan lainnya.
 
Kwarcab Belitung hadir dan ikut serta dalam kegiatan KBN 2015, baik sebagai peserta KBN maupun peninjau. Kabupaten Belitung akan menjadi tuan rumah KBN tahun 2016. (AMP)
 
Sumber: http://dishubkominfo.belitungkab.go.id/