Selasa, 16 Juni 2015 08:00

UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI KELUARGA SEKALIGUS PERINGATAN HARI BAKTI RIMBAWAN DAN LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA TAHUN 2015

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menjadi Pembina Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Keluarga ke-22 sekaligus Peringatan Hari Bakti Rimbawan dan Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2015, Selasa (16/06) 2015, bertempat di Halaman Kantor Bupati Belitung. Tema sentral HARGANA ke-22 tahun ini yaitu “Melalui Hari Keluarga Kita Bangun Keluarga Kecil Yang Berkarakter dan Berketahanan Guna Mewujudkan Indonesia Sejahtera” dengan  motto “Keluarga Berkarakter Indonesia Sejahtera”.

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, Peringatan Hari Keluarga ke-22 merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi atas upaya-upaya kita dalam meningkatkan kualitas keluarga diseluruh Indonesia dengan menumbuhkan kesadaran setiap keluarga agar selalu memperbaiki kualitas keluarga secara berkelanjutan. Sampai saat ini, Indonesia masih menghadapi empat masalah besar dalam bidang kependudukan, yaitu jumlah penduduk yang besar, pertumbuhan yang tinggi, persebaran yang tidak merata, dan kualitas yang rendah. Program KB yang dilaksanakan sejak tahun 1970 telah berhasil menurunkan angka Fertilitas Total dari 5.6 anak per wanita pada tahun 1970 menjadi 2.6 pada tahun 2002. Namun, angka fertilitas total tersebut tidak mengalami penurunan lagi sampai dengan tahun 2012.

 

“Pemerintah, dalam hal ini BKKBN, terus memberikan komitmen dan dukungannya agar program KB tetap menjadi prioritas pembangunan, demi tercapainya keluarga-keluarga yang berketahanan dan berkarakter. Keluarga Berencana dirancang agar setiap pasangan usia subur (PUS) dapat mengatur dengan baik waktu, jumlah dan jarak kelahiran yang sehat dan ideal sesuai dengan tujuan reproduksinya. Dengan perencanaan keluarga yang baik, kehamilan ibu diatur agar tidak terjadi diusia terlalu muda, terlalu tua, kehamilan terlalu rapat dan terlalu banyak” ujar Sahani Saleh.

 

Lebih lanjut, dalam kesempatan ini Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos juga membacakan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2015 merupakan peringatan ke-43 yang diinisiasi sejak tahun 1972 oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia atau United Nations Environment Programme (UNEP). Tema peringatan tahun 2015 yaitu “Seven Bilion Dreams, One Planet, Consume With Care”, yang secara bebas disesuaikan menurut relevansi di Indonesia, dengan tema “Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Dunia”.

 

Selanjutnya, pada kesempatan peringatan Hari Lingkungan Hidup, tanggal 5 Juni 2015 di Istana Bogor telah disampaikan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia dua dokumen yaitu; Buku Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Indonesia Tahun 2014 dan Buku Indeks Tata Kelola Hutan Tahun 2014, yang dapat menjadi salah satu alat ukur dalam perkembangan upaya mengelola lingkungan dan kehutanan.

 

“Sebagai langkah konkrit di daerah, mulai tahun 2015 ini Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mendorong Pemerintah Daerah untuk mengembangkan kebijakan serta pelaksanaan yang ramah lingkungan, baik dalam bentuk barang ataupun jasa di masing-masing instansi untuk memberikan keteladanan. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, atas nama pemerintah juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada individu, kelompok maupun perwakilan pemerintah daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup, berupa Penghargaan Kalpataru, Penghargaan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik serta Penghargaan Adiwiyata Mandiri” ujar Siti Nurbaya yang sambutannya dibacakan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos.

 

Hadir dalam upacara ini Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Forkompimda Kabupaten Belitung, beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: HUMAS SETDA