Sabtu, 13 Juni 2015 15:00

BUPATI BUKA FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

Rencana pengembangan Kabupaten Belitung sebagai salah satu lokasi utama Pariwisata  dan penguatan Kabupaten Belitung sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ditindaklanjuti dengan menggelar diskusi panel beberapa stakeholder dan bahasan kebutuhan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung dalam rangka mewujudkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.  Kegiatan ini dilaksanakan  pada hari Sabtu, 13 Juni 2015 bertempat di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung.
 
FGD ini dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung Bapak H.Sahani Saleh,S.Sos dan dihadiri oleh Komisi I DPRD Kab. Belitung dan pejabat Eselon II Pemkab Belitung. Pembicaraan pada pelaksanaan FGD diawali materi Selayang Pandang Kab. Belitung yang disampaikan oleh Bapak Ir.Hermanto selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, dilanjutkan oleh nara sumber - nara sumber dengan materi PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN KABUPATEN BELITUNG SEBAGAI KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA NASIONALoleh Bapak  Dadang Rizki Ratman selaku Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata RI, Kebijakan Maritim Indonesia dalam Mendukung Pembangunan Belitung oleh Dr Eng Lukijanto dari Kemenko Maritm RI, PENGELOLAAN SUMBERDAYA DAN RUANG LAUT NASIONAL  oleh Ir. Sigit PD Rahardjo, MSP selaku Kasubdit.Tata Ruang Laut Nasional dan Perairan Yurisdiksi Ditjen Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, KEBIJAKAN KEPELABUHANAN NASIONAL oleh Bapak Aries Wibowo,ST, MSc selaku Kasi Tatanan dan Evaluasi Kepelabuhanan Direktorat Pelabuhan dan Pengerukan Ditjen Perhubungan Laut Kementrian Perhungan RI, yang di moderatori oleb Bapak Dr.Ir.Dinar Catur Istiyanto,M.Eng dari Balai Pengembangan Dinamika Pantai (BPDP) yang merupakan UPT BPPT dibawah Kemenritek RI yang beralamat di Jojakarta.
 
Akhir dari FGD ini menghasilkan semacam kesepakat yaitu Rumusan Hasil Focus Group Discusion dan Diskusi Panel yang ditanda tangan oleh Bupati Belitung, Pejabat dari beberapa kementrian dan stakeholder yang hadir.  FGD ini dilaksanakan atas koordinasi antara BPDP, beberapa Kementerian terkait dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab. Belitung yang difasilitasi oleh BAPPEDA Kab. Belitung.
 
Sumber: Bappeda Kabupaten Belitung