Kamis, 9 Juli 2015 09:00

APEL GELAR PASUKAN "OPERASI KETUPAT 2015"

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri sekaligus menjadi Inspektur Upacara pada Apel Gelar Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1436 H Tahun 2015, Kamis (09/07) 2015, bertempat di halaman Polres Belitung. Apel Gelar Pasukan ini, diselenggarakan secara serentak di seluruh Polda untuk mengecek kesiapan akhir pengamanan Hari Raya Idul Fitri terutama terkait dengan kekuatan personel, kelengkapan peralatan, sarana prasarana dan kesiapan institusi lain yang terlibat, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

 

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jendral Polisi Badrodin Haiti dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos mengatakan, melalui apel pengecekan ini diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dan cermat, dapat dilaksanakan secara baik dan mampu mendorong sinergitas seluruh Stakeholders sehingga penyelenggaraan “Operasi Ketupat 2015” dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1436 H dapat berjalan dengan sukses. Peningkatan aktivitas  masyarakat dan pergerakan perpindahan orang dan barang, dalam menyambut perayaan Idul Fitri akan menjadi gangguan KAMTIBMAS apabila tidak kita kelola dengan baik. Sedangkan permasalahan KAMSELTIBCAR LANTAS yang harus kita atasi karena adanya peningkatan volume arus lalu lintas kendaraan dan barang yaitu kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

 

“Saya meminta kepada seluruh jajaran Polri dan seluruh pihak yang terlibat dalam operasi ini, untuk sungguh-sungguh merealisasikan langkah-langkah antisipatif sebagaimana yang telah dirumuskan. Saya berharap langkah antisipatif tersebut, mampu sepenuhnya menekan terjadinya kecelakaan lalulintas. Kita semua harus terus berupaya dan berdoa agar moment hari lebaran ini, tidak diwarnai dengan peristiwa yang membawa kedukaan” ujar Sahani Saleh yang membacakan sambutan Kapolri.

 

Selanjutnya perlu kita pahami, bahwa pada Tahun 2015 ini, Kementrian Perhubungan memprediksi kenaikan arus mudik lebaran pada semua moda akan mencapai kurang lebih 1,9 % atau sekitar 20.002.724 orang dibandingkan dengan pemudik Tahun 2014 sebesar 19.618.530. Sedangkan puncak arus mudik untuk semua moda transportasi diperkirakan akan terjadi pada H – 7 dan arus balik pada H + 3 pelaksanaan Idul Fitri Tahun 2015. Selain itu, saya juga perlu mengingatkan adanya berbagai potensi ancaman KAMTIBMAS yang harus diantisipasi, seperti terorisme, teror bom, sabotase, perkelahian antar kelompok warga masyarakat, kebut-kebutan, penyalahgunaan narkoba, miras, peningkatan kebutuhan BBM, peningkatan harga kebutuhan pokok, kebakaran, kriminalitas, penjualan petasan dan bencana alam.

 

Memahami berbagai permasalahan, gangguan KAMTIBMAS dan berbagai ancaman yang mungkin terjadi, maka dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat pada perayaan hari Idul Fitri 1436 H, Polri beserta seluruh jajarannya dibantu instansi terkait dan komponen  masyarakat lainnya menyelenggarakan Operasi Kepolisian Terpusat, yaitu “Operasi Ketupat 2015” selama 16 hari, mulai tanggal 10 s.d 25 Juli 2015. Operasi ini merupakan operasi kemanusiaan dimana selama “Operasi Ketupat 2015” akan digelar kekuatan sebanyak 145.676 personel terdiri dari anggota Polri sebanyak 82.538 personel, TNI sebanyak 12.761 personel serta instansi terkait sebanyak 50.377 personel yang akan tergelar di 3.030 pos pengamanan dan 1.083 pos pelayanan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

 

“Selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Apel Gelar Pasukan Pengaman “Operasi Ketupat 2015”. Semoga pengabdian yang dilakukan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa serta kesempatan yang penuh kebahagiaan ini pula, kepada seluruh anggota Polri dan seluruh elemen pengamanan yang terlibat dalam “Operasi Ketupat 2015” beserta keluarga dimanapun bertugas, saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin” lanjut Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti.

 

Hadir pada acara ini Forkopimda Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Polres Belitung