Jum'at, 10 Juli 2015 15:00

Bangun Citra Positif Indonesia di Luar Negeri, Melalui Layanan Informasi Pemerintah Daerah

Tanjungpandan - Upaya Pemerintah Pusat dalam mempromosikan Indonesia di dunia Internasional terus dilaksanakan dalam berbagai kegiatan, salah satunya dengan mengadakan Bimbingan Teknis layanan Informasi Internasional bagi Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dan para pelaku wisata yang diselenggarakan di BW Suite Belitung, Kamis (10/07/2015).

 

Menurut Direktur Pelayanan Informasi Internasional Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) , Selamanta Sembiring, untuk membangun citra positif Indonesia di Luar Negeri harus dimulai dari daerah. Oleh sebab itu,  Kementerian Komunikasi dan Informatika Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) mengadakan roadshow berupa Bimtek Layanan Informasi Internasional di daerah-daerah, seperti kegiatan pada hari ini, jelasnya.

 

Salamanta mengatakan mengapa Kabupaten Belitung menjadi tujuan Bimtek ini, adalah karena potensi wisata yang kuat yang dimiliki oleh daerah, sehingga potensi tersebut penting untuk dipromosikan di Dunia Internasional, melalui pengelolaan layanan informasi yang baik oleh Pemerintah Daerah, dengan memanfaatkan kemajuan Telekomunikasi dan Informatika (IT) di Era Globalisasi, serta melalui optimalisasi peran Humas Pemerintah Daerah. “Melalui pengelolaan layanan informasi yang baik, diharapkan juga mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan sendirinya. Untuk itu harus dikelola dengan baik”, tambah Salamanta.

 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani. sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan  pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mutlak harus digunakan pemerintah secara benar dan tepat,  guna dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Untuk itu, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang semakin maju diharapkan dapat memenuhi tuntutan masyarakat dalam upaya mewujudkan sistem kepemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan yang efektif, ujar Erwandi.

 

Terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal pemanfaatan gadget oleh masyarakat, Erwandi menghimbau agar masyarakat dapat memafaatkannya untuk hal-hal yang produktif, sebab dengan melakukan hal yang sia-sia justru dapat menimbulkan kerugian, baik dari segi waktu maupun materi.

 

Adapun nara sumber dalam kegiatan tersebut, yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung , Karyadi Sahminan, S.E. , M.A.P.,  Tenaga Ahli Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Ahmed Kurnia dan J. Heru Margianto Jurnalis dari kompas.com.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung