Senin, 17 Agustus 2015 10:00

Bupati Belitung Pimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke - 70

Tanjungpandan - Puncak peringatan Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 ditandai dengan momentum kegiatan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI danPengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan pada Senin, 17 Agustus 2015 di Stadion PangkalLalang, Tanjungpandan berlangsung khidmat.

 

Upacara pengibaran bendera merahputih dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos bertindak sebagai Inspektur  Upacara. Sementara itu, sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih yakni, Sela Ria Bela (Pelajar SMA Negeri 1 Tanjungpandan). Hadir dalam barisan peserta upacara dari berbagai unsur, diantaranya pelajar, pegawai negeri sipil, organisasi pemuda, TNI, dan Polri.

 

Suasana semakin khidmat ketika bendera mulai dikibarkan dengan diiringi kumandang lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan kelompok aubade. Masing-masing peserta upacara tampak larut dalam suasana kemerdekaan sebagai wujud penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan RI.

Puncak Peringatan detik – detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirene selama 1 (satu) menit, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Inspektur Upacara, disusul pembacaan Undang – Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani.


Meskipun didukung dengan kondisi cuaca yang cukup panas dan angin yang bertiup agak kencang, upacara tetap berlangsung lancar hingga pengakhirannya.Proses penyerahan bendera juga sempat terganggu dengan kencangnya angin yang berhembus di sekitar Stadion Pangkallalang, tempat berlangsungnya upacara. Hal ini membuat proses penyerahan bendera harus memakan waktu ekstrak arena lipatan bendera harus sedikit dirapikan lagi oleh Bupati.

 

Masyarakat sekitar pun cukup antusias menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih, tak ayal keberhasilan anggota paskibraka mengibarkan bendera merah putih dengan sempurna disambut riuh dan gembira para penonton yang dating berbondong – bonding guna mengikutiJalannya prosesi upacara yang berlangsung.

 

Momentum pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai wujud penghormatan terhadap jasa –jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Bangsa dan Negara.Hal ini tentunya dapat menjadi renungan bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan menuju Indonesia yang bersatu, aman, adil, demokratis dan sejahtera.Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-70.Merdeka!

 

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung