Selasa, 18 Agustus 2015 09:00

PEMKAB BELITUNG GELAR RAPAT RENCANA PEMINDAHAN PELABUHAN TANJUNGPANDAN KE PELABUHAN TANJUNGBATU

Tanjungpandan - Menindaklanjuti perintah Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo terkait pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu, pada Selasa (18/8) bertempat di Ruang Rapat Bupati, Pemerintah Kabupaten Belitung menggelar Rapat Koordinasi untuk membahas rencana pemindahan semua aktivitas yang ada di Pelabuhan Tanjungpandan ke Pelabuhan Tanjung Batu dengan mengundang semua pihak terkait.

 

Dalam arahannya, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos mengatakan, bahwa rencana pemindahan aktivitas Pelabuhan Tanjung Pandan ke Pelabuhan Tanjung Batu sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi rencana ini sulit untuk di jalankan karena belum adanya penyerahan dari pihak Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah. Tetapi sekarang semua urusan terkait administrasi penyerahan Pelabuhan Tanjung Batu dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah sudah selesai semua.

 

Terkait rencana pemindahan ini, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos akan memberi waktu selama kurang lebih satu bulan kepada Dinas terkait yang dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk melakukan persiapan pemindahan segala aktivitas yang ada di Pelabuhan Tanjungpandan ke Pelabuhan Tanjung Batu.

‘’ Salah satu hal yang mendorong rencana percepatan pemindahan ini, terkait banyaknya keluhan dari masyarakat karena banyaknya truk bertona sebesar yang lalulalang di jalan kota. Hal ini sangat membahayakan pengguna jalan yang lain’’, jelas Bupati.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Belitung,  Taufik Rizani, dalam kesempatan ini juga mengatakan, sudah jelas tujuan utama dalam rapat kali ini adalah keinginan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk meminta dukungan kepada semua pihak, terkait pemindahan Pelabuhan.

‘’ Saya selaku Ketua DPRD Kabupaten Belitung menyambut baik dan setuju dengan rencana tersebut, yang terpenting fasilitas terkait pengoperasian Pelabuhan harus dibangun dulu, jangan sampai peraturan Bupati keluar tapi fasilitas belum memadai. Saya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Belitung untuk mempersiapkan rencana ini supaya tidak menjadi kendala di lapangan’’, jelasnya.

 

Selanjutnya, dijelaskan pula bahwa pihak DPRD sangat mendukung rencana ini, karena Pelabuhan Tanjung Batu memang dikhususkan sebagai daerah industri. Ini kesempatan yang luar biasa untuk memajukan Belitung. Manfaatkan hal-hal semacam ini, jangan karena lokasi yang jauh pengusaha mengeluh tentang besarnya biaya operasi, ini adalah tugas kita bersama sama.

‘’Saya mengharapkan proses pemindahan ini bisa segera dilakukan, supaya tidak ada lagi masyarakat yang menghisap debu akibat truk yang membawa muatan tambang di jalanan kota. Kepada pengusaha yang hadir dalam rapat kali ini supaya bisa menyampaikan kepada pengusaha lainnya terkait rencana ini. Jadi ini adalah kesempatan kita  bersama untuk memberikan kemudahan kepada para pengusaha bukan kesulitan’’, tambahnya.

 

Selanjutnya dalam kesempatan ini, Kapolres Belitung, AKBP  Candra Sukma Kumara juga menambahkan bahwa rapat kali ini dinilai sangat penting, karena kita memerlukan forum seperti ini yang melibatkan semua pihak baik itu, pemerintah ataupun pengusaha untuk membuat suatu aturan, supaya tidak ada alasan bagi siapapun untuk melanggar aturan tersebut. Karena aturan tersebut dibuat atas keputusan bersama.

‘’Saya menegaskan posisi kami dirapat ini sebagai Polri sangat setuju dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Belitung yang mana kebijakan itu bagus untuk semua masyarakat. Kita setiap hari mendapat keluhan tentang truk yang bertona sebesar yang melewati jalanan kota, yang mana  mereka selalu kebut – kebutan melebihi batas kecepatan untuk mengejar rit, hal in itentunya sangat membahayakan pengguna jalan yang lainnya. Saya berharap semoga rencana ini bisa segera terlaksana dengan lancar’’, jelas Kapolres.

 

Kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Bupati memberikan waktu  kurang lebih selama satu bulan dari sekarang untuk menyiapkan segala fasilitas terkait proses pemindahan pelabuhan, supaya tidak terjadi kendala yang bisa memperlambat proses pemindahan tersebut.

 

Hadir dalam rapat ini, Danpom Polisi Militer Kabupaten Belitung, Kabag Ops Polres Belitung, Kasat Lantas Polres Belitung, Perwakilan Pengusaha, perwakilan Dinas/Instansi terkait beserta tamu undangan lainnya.

 

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung


Berita Lainnya