Kamis, 3 September 2015 08:00

Pertemuan Tematik Bakohumas "Efektivitas Peran Humas dalam Implementasi Inpres Nomor 9 Tahun 2015"

Jakarta - Pertemuan tematik Bakohumas yang diselenggarakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia  dengan tema Efektivitas Peran Humas dalam Implementasi Inpres Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional, secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI, Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan, MPA, MBA, pada hari Rabu (2/9/2015) bertempat di Ruang Dwi Warna Purwa, Gedung Lemhannas RI.

 

Kegiatan yang diikuti oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, DPRD, Perguruan Tinggi hingga Dinas Kominfo Propinsi Se-Indonesia tersebut, dilatar belakangi oleh keluarnya Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, sehingga Lemhannas RI menganggap perlunya sosialisasi Inpres tersebut kepada seluruh Pejabat Humas yang tergabung dalam Bakohumas, jelas Laksamana Pertama TNI, E. Estu Prabowo, M.Sc selaku Ketua Tim Pelaksana.

 

Dengan sosialisasi selama 3 hari kedepan, diharapkan Pejabat Humas Pemerintah dapat memperoleh pemahaman dan mampu  mengimplementasikan Inpres Nomor 9 Tahun 2015, khususnya dalam prespektif ketahanan nasional, ungkap Estu.

 

Dalam kesempatan tersebut,  Wakil Gubernur Lemhannas RI, Laksamana Mayda TNI Didit Herdiawan, MPA, MBA,  mengatakan bahwa praktisi humas pemerintah tidak hanya mengemban tugas, peran dan fungsi normatif kehumasan, lebih dari itu humas pemerintah merupakan ujung tombak dan agen perubahan yang dapat berperan aktir dalam memperkuat wawasan kebangsaan dilingkungannya masing-masing.

"Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak seluruh jajaran kehumasan pemerintah untuk merevitalisasi diri melalui perubahan paradigma dan mindset kehumasan pemerintah yang profesional, berintegritas, dan berwawasan kebangsaan yang kuat", jelasnya.

 

Pertemuan Bakohumas ini, akan dilaksanakan dari tanggal 2 hingga 4 September 2015 dengan narasumber dari Lemhannas RI maupun praktisi kehumasan.

 

Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah ( BAKOHUMAS ) adalah Forum Koordinasi dan Kerjasama antar Humas Lembaga Pemerintah, Lembaga Negara serta BUMN. Secara yuridis formal, Bakohumas didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Penerangan Nomor 31/KEP/MENPEN/1971. Lahirnya SK Menpen adalah dalam rangka Pembentukan Bakohumas yang merupakan kelanjutan  dari hasil musyawarah antar humas - humas Departemen/Lembaga Negara pada tanggal 6 Desember 1967. 

 

Musyawarah tersebut antara lain menyepakati bahwa untuk memperoleh daya guna dan tepat operasi penerangan setinggi-tingginya maka dipandang perlu untuk membentuk suatu badan yang bertugas mengkoordinir, mengintegrasikan dan mensinkronisasikan kegiatan humas- humas pemerintah. 

 

Musyawarah ini menyetujui diadakannya Koordinasi antar humas Departemen/Lembaga Negara disingkat BAKOR yang dikoordinasikan oleh Deppen. Kemudian pada pertemuan pleno Bakor pada tanggal 1 juli 1970 untuk  membicarakan peningkatan dan efektivitasnya wadah ini, diperoleh kata sepakat untuk merubah Bakor menjadi  Bakohumas (Badan Koordinasi Humas Pemerintah ).  (FW)

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung


Berita Terkait