Kamis, 17 September 2015 14:00

PENCANANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT KE-12

Membalong - Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-12 Tingkat Kabupaten Belitung. Kegiatan pencanangan berlangsung pada Kamis, (17/9) di Desa Lasar Kecamatan Membalong dengan mengusung tema ‘’Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Tingkatkan Partisipasi Keluarga Dalam Pembangunan Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Berintegrasi dan  Mandiri”.

 

Dalam laporannya, Kepala BPMPDPKB, H. Nurman Sunanda, SH mengatakan, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat merupakan salah satu sarana yang mampu menumbuhkembangkan semangat kegotongroyongan dan kebersamaan dalam wahana pembangunan, yang selama ini menjadi keinginan dan harapan seluruh masyarakat sebagai salah satu upaya melestarikan semangat gotong royong di masyarakat Kabupaten Belitung.‘’Melalui pelaksanaan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, pemerintah akan menggelorakan kembali semangat krgotong royongan dan keswadayaan, untuk lebih memberikan makna dukungan keberhasilan membentuk social budaya keluarga, masyarakat yang kondusif dalam pembangunan serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat’’, jelasnya.

 

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si mengatakan, penanaman nilai-nilai sosial budaya terutama dalam aspek kegotongroyongan adalah ciri khas budaya bangsa Indonesia yang secara turun temurun telah mengakar, terpelihara dan melembaga di masyarakat. Nilai-Nilai kegotongroyongan dan keswadayaan telah menyatu dalam kehidupan dan penghidupan masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang bermukim di wilayah pedesaan. Praktek Kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dapat diwujudkan melalui pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan urusan kemasyarakatan, adat istiadat, kekerabatan, keagamaan dan kegiatan pelaksanaan pembangunan di pedesaan.
’’Untuk itu, dalam rangka memperkuat kesadaran bersama terhadap pergeseran arah kebijakan pembangunan pada era reformasi dan otonomi daerah dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, di perlukan semangat kebersamaan yang kuat untuk maju, dan di dukung pula dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan’’, jelas Jasagung.

Diakhir sambutannya, Jasagung juga mengajak masyarakat untuk menggelorakan semangat kegotongroyongan dan keswadayaan untuk mendukung keberhasilan membentuk sosial budaya keluarga dan menciptakan kondisi masyarakat yang kondusif dalam pembangunan.

 

 

Bulan Bhakti Gotong Royong diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya; pembersihan dan penataan lingkungan sekitar antara masyarakat bekerjasama dengan aparatur Pemerintah Kabupaten Belitung, Kecamatan serta Desa dan Kelurahan, pelaksanaan pelayanan kontrasepsi secara gratis kepada masyarakat, penyerahan bantuan berupa alat kesehatan, pembagian sembako dari BAZ Kabupaten Belitung, Bazar/Pemasaran hasil produksi masyarakat Desa Lasar, Kecamatan Membalong serta penanaman pohon mahoni dan blanger di Halaman Kantor Desa.

 

Turut hadir dalam acara, perwakilan unsur Forkominda Kabupaten Belitung, perwakilan Dinas/Instansi di Lingkungan Pemkab Belitung, perwakilan Camat, Lurah, Kades se-Kabupaten Belitung, anggota Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Belitung, serta segenap undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung