Selasa, 22 September 2015 09:00

SOSIALISASI PENINGKATAN PENGGUNA PRODUK INDONESIA (P3DN) DISEKTOR PENDIDIKAN TAHUN 2015

 

Tanjungpandan – Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pengguna Produk Indonesia (P3DN) Disektor Pendidikan Tahun 2015, Selasa (22/09) 2015, bertempat di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan, Belitung. Peserta sosialisasi berjumlah 120 orang, yang terdiri dari pelajar dan akademia. Narasumber berasal dari Universitas Jendral Sudirman, Dinas Koperindag Kab. Belitung, dan Dinas Pendidikan Kab. Belitung.

 

Ketua Panitia Kegiatan, Lukman Hakim dalam laporannya mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi ini yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada pelajar dan akademia tentang produk dalam negeri, serta mendorong atau memotivasi pelajar dan akademia untuk menggunakan produk dalam negeri serta mengkonsumsi makanan yang berbasis sumber daya lokal. “Maksud dan tujuan dari acara ini ialah guna memberikan arti penting kepada masyarakat khususnya, bagi kaum muda, mahasiswa dan pelajar untuk lebih mencintai produk dalam negeri sendiri” ujarnya.

 

Direktur Dagang Kecil Menengah dan Produk Dalam Negeri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubdit. Pencitraan Produk Dalam Negeri, Farid Chandra, SE, MM mengatakan acara ini dapat terlaksana atas kerjasama Kementerian Perdagangan RI dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Belitung serta pihak-pihak terkait. Tujuan diadakannya sosialisasi sebagai salah satu bentuk kampanye peningkatan penggunaan produk dalam negeri di sektor pendidikan, guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan sekaligus membangun kecintaan akan pentingnya penggunaan produk dalam negeri, memberikan inspirasi dan memotivasi untuk menggunakan produk Indonesia sejak usia dini.

 

“Pulau Belitung terkenal dengan sebutan Negeri Laskar Pelangi. Kepulauan Bangka Belitung memiliki hasil bumi berupa bahan galian yaitu timah, biji besi, pasir bangunan, gelas serta kaolin, selain untuk keperluan dalam negeri juga untuk keperluan luar negeri. Selain itu, Kepulauan Bangka Belitung juga terkenal dengan hasil kerajinan tangan, yang paling diminati konsumen asal Cina, yaitu taplak meja, taplak meja makan, bed cover, sarung bantal, tatakan, tatakan gelas dan sarung dispenser. Pulau Belitung juga terkenal dengan kulinernya, seperti mie Belitung” ujar Kasubdit Pencitraan Produk Dalam Negeri.

 

Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani menyambut baik diadakannya sosialisasi ini di Kabupaten Belitung. Dalam sambutannya beliau mengatakan, sosialisasi ini merupakan langkah strategis, karena disamping menambah pengetahuan dan kompetensi, juga bertujuan pula untuk melibatkan semua pihak guna mendorong peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat, kemudian juga akan membuka pandangan dan wawasan berpikir kita akan pentingnya realisasi    terhadap segala upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik lagi. ”Mari kita gunakan produk dalam negeri dengan semaksimal mungkin. Karena produk-produk hasil karya anak bangsa kualitasnya tidak kalah dengan produk luar, bahkan tidak sedikit produk luar negeri yang sebenarnya malah dibuat di Indonesia” ujar Erwandi.

 

Lebih lanjut, beliau mengatakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia hingga saat ini sudah mengupayakan berbagai cara untuk mendongkrak kecintaan bangsa terhadap produk lokal, baik itu melalui kegiatan sosialisasi, pameran maupun penyelenggaraan berbagai event dan kegiatan positif lainnya. “Untuk itu, saya ingin mengajak kalangan pelajar, mahasiswa maupun generasi muda di Kabupaten Belitung untuk lebih mencintai produk dalam negeri. Hal ini bisa dimulai dari hal yang paling kecil dan sederhana. Kita harus bangga dengan negara kita sendiri termasuk produk dalam negeri” lanjutnya.

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kab.Belitung, Adnizar, SH, perwakilan Kementerian Perdagangan RI serta tamu undangan lainnya.

 

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung