Selasa, 10 November 2015 09:00

PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI KABUPATEN BELITUNG

 

Tanjungpandan__Peringatan Hari Pahlawan ke-70 Tahun 2015 di Kabupaten Belitung berlangsung tertib dan khidmat. Rangkaian acara diawali dengan pelaksanaan Upacara Bendera yang berlangsung di Halaman Gedung Nasional Tanjungpandan, pada Selasa, (10/10). Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Belitung, H. SahaniSaleh, S.Sos.

 

Bupati Belitung dalam sambutannya saat membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia,  Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan, dan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu ini dan akan datang.

 

‘Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema " Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku ”. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk kedalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat – sifat kepahlawananya itu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

 

Saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antarkampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya. Keadaan ini jauh dari apa yang dicita-citakan dan diperjuangkan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada kita semua.

 

‘’ Untuk itu, marilah momentum ini kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi Negara maju dan bermartabat ’’,  jelas Bupati.

 

Pelaksanaan puncak upacara ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh purna paskibraka Kabupaten Belitung, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Bupati Belitung selaku Inspektur upacara, dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945, naskah pahlawan dan diakhiri dengan pembacaan doa.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional yang berlangsung di Makam pahlawan Ksatria Tumbang Ganti Desa Perawas, dipimpin oleh Kapolres Belitung, AKBP Candra Sukma Kumara yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan kegiatan tabor bunga di Pelabuhan Laskar Pelangi dipimpin oleh Danlanud HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Letkol Pnb. Anang Heru Setiyono selaku Inspektur Upacara.

 

Tampak hadir dalam rangkaian acara ini, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A.Rani, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani, Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, sejumlah pejabat/kepala SKPD di Lingkungan Pemkab Belitung, mantan pejuang, warakauri, serta para peserta yang terdiri dari anggota jajaran Kodim 0414 Belitung, Lanud Tanjungpandan, Polres Belitung, Polisi Pamong Praja, Kesbanglinmas, para PNS dan pelajar.

 

Sebagai penutup acara berlangsung Malam Ramah Tamah di Ruang Sidang Pemkab Belitung. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut peringatan hari pahlawan untuk mengenang jasa - jasa para pahlawan yang telah mendahului kita. Semoga melalui peringatan Hari pahlawan pada kesempatan ini dapat meningkatkan semangat patriotism dan nasionalisme kita untuk senantiasa mengenang dan menghargai jasa –jasa para pahlawan nasional.

 

 

Sumber: Humas Setda Kab,Belitung