Senin, 9 November 2015 15:00

Tekan Laju HIV-AIDS dan IMS di Kabupaten Belitung Melalui Seminar Sehari

Tanjungpandan - Upaya dalam rangka menekan laju HIV-AIDS dan IMS di Kabupaten Belitung terus  dilaksanakan, salah satunya dilaksanakan oleh Komisi Penanggulan AIDS Kabupaten Belitung dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat melalui Seminar tentang HIV-AIDS dan IMS, pada Hari Senin, (9/11/2015) bertempat di Hotel Pondok Impian Tanjungpandan.

 

Ketua Pelaksana Seminar, Rosmaida Simamoro, S.IP dalam laporannya mengatakan adapun tujuan diselenggarakan seminar pada hari ini adalah untuk menambah pengetahuan peserta tentang  HIV-AIDS dan IMS dan diharapkan pengetahuan yang dimiliki peserta dapat disampaikan kembali kepada masyarakat.

 

Rosmaida menambahkan pengetahuan tersebut juga penting sebagai upaya penanggulangan HIV-AIDS dan IMS di Kabupaten Belitung, apalagi Kabupaten Belitung saat ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata.

 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Belitung, Drs.H. Erwandi A. Rani yang hadir mengungkapkan bahwa munculnya penyakit-penyakit baru saat ini tidak lepas dari pola konsumsi dan pola hidup yang salah, dimana banyak masyarakat yang mengkonsumsi bahan-bahan kimia yang terkandung dalam makanan. Sehingga banyak penyakit baru seperti stroke, darah tinggi dan lainnya termasuk HIV-AIDS dan IMS yang muncul dan diakibatkan oleh pola perilaku manusia, misalnya penggunaan jarum suntik pada pengguna narkoba, jelas Erwandi.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat diberikan pengetahuan mengenai HIV-AIDS dan IMS dan menyampaikan kembali informasi yang diperoleh kepada kerabat, keluarga maupun kolega, misalnya dilingkup Dharma Wanita perlu memberitahukan pada anggota yang lain, tambah Erwandi.

 

Sebelum membuka seminar secara resmi, Wakil Bupati Belitung, Drs.H. Erwandi A.Rani berpesan kepada Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Belitung, agar membuka dialog sehingga pada levelnya peserta bisa berbicara mengenai HIV-AIDS dan IMS.

 

Kegiatan yang diikuti oleh ± 40 orang peserta yang berasal dari Dinas/ Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, organisasi kemasyarakatan dilaksanakan selama 1 (satu) hari, dengan narasumber dr. Bertharia Sinaga yang merupakan Konselor HIV di RSUD H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung.(dini)

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung