Jum'at, 13 November 2015 08:30

PEREMPUAN MEMILIKI PERANAN PENTING DALAM KELUARGA

 

Badau__Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos mengatakan, Perempuan memiliki peranan yang penting dalam keluarga. Bahkan dalam salah satu hadist disebutkan  ‘’ surge ditelapak kaki ibu ’’.Untuk itulah, berbagai kemajuan yang ada, baik itu dalam keluarga, bangsa dan Negara tidak lepas dari peranan wanita. Oleh karenanya, Program Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) memberikan dampak positif bagi masyarakat desa, terutama bagi kaum perempuan. Melalui program ini kaum perempuan diharapkan dapat maju dan berkembang, serta  menambah pengetahuan dan keterampilan mereka.

 

Lebih lanjut, kata Sahani, melalui program ini kaum perempuan akan dapat menambah penghasilan sehingga kesejahteraan dan kesehatan keluarga akan tercapai. Alhamdulillah, ibu-ibu yang ada di Desa Kacang Butor ini  turut berperan aktif dalam meningkatkan sector perekonomian, salah satunya pada sector pertanian, yakni membantu dalam kegiatan bercocok tanam.

 

‘’ Kedepan saya juga berharap agar Desa-desa dapat memanfaatkan pekarangan rumah dengan menggiatakan kegiatan bercocok tanam, seperti budidaya tanaman cabai, jahe, lengkuas dan sebagainya. Apalagi Kabupaten Belitung sedang menggiatkan sector pariwisata, khususnya desa wisata. Desa Kacang Butor akan dikembangkan sebagai desa Agrowisata, Karena di Desa ini tidak ada aktivitas pertambangan’’, kata Bupati Belitung saat memberikan sambutan dalam Penilaian Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kantor Kepala  Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau, Jum’at (13/11/2015).

 

Di akhir sambutannya, Bupati juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan berkah kemajuan dari hasil komoditi lada agar dapat dipergunakan dengan sebaik - baiknya. Jangan sampai lupa diri dengan hikmah/anugerah yang diperoleh. Jaga keluarga agar dapat hidup makmur, tentram dan sejahtera.

 

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kacang Butor, Suhaimi dalam sambutannya mengatakan, tujuan umum program terpadu P2WKSS adalah untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan guna mewujudkan keluarga berkualitas, sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan status kesehatan perempuan, meningkatkan status pendidikan perempuan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam usaha ekonomi produktif, meningkatkan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat, serta meningkatkan peran aktif perempuan dalam pemahaman wawasan kebangsaan.

 

Kepala Desa Kacang Butor, Haidin dalam sambutannya juga menyampaikan gambaran singkat tentang profil Desa Kacang Butor yang memiliki luas wilayah 10.300 ha terbagi dalam 4 Dusun, 4 RW, 15 RT. ‘’ Salah satu produksi pertanian yang selama ini yang menjadi andalan adalah pertanian lada, karet juga kelapa sawit, dan hamper sebagian masyarakat memiliki usaha pertanian, baik sebagai mata pencaharian tetap ataupun sebagai usaha sampingan, tentunya ini membuktikan bahwa masyarakat mengandalkan pertanian dan perkebunan  untuk meningkatkan kesejahteraan. Disamping komoditi tersebut, kami juga memiliki pertanian sawah yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat’’ jelasnya.

 

Adapun Tim Penilai pada kesempatan ini diantaranya berasal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Pemberdayaan Perempuan, Disnakertrans Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

 

Turut Hadir dalam acara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung. Dr.Suhandri, Camat Badau, Marzuki, S.IP, perwakilan Kecamatan Tanjungpandan,  Anggota Tim Penggerak PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat setempat beserta tamu undangan lainnya.

 

 

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung