Rabu, 16 Desember 2015 16:03

PUNCAK PERINGATAN HUT DHARMA WANITA PERSATUAN KE 16 KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan - Tahun 2015, Hari Ulang Tahun ke-16 Dharma Wanita Persatuan  Kabupaten Belitung diperingati dengan melaksanakan serangkaian kegiatan dan perlombaan. Dalam laporan Ketua Panitia, Ny. Ida Agus M. Taupan, HUT DWP diperingati dengan melaksanakan berbagai kegiatan seperti Lomba memimpin lagu yang diikuti oleh 20 orang peserta, Kerja bakti yang dilaksanakan di halaman Kantor Dharma Wanita Kabupaten Belitung dan diikuti 150 orang peserta, Lomba menghias nasi tumpeng,  Lomba membuat kue tradisional,  Jalan santai diikuti oleh seluruh unsur pelaksana Kabupaten Belitung, Donor darah hingga  puncak  peringatan HUT ke-16 Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Belitung, yang ditandai dengan pelaksanaan Resepsi pada hari ini Rabu, (16/12/2015) bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung. Peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Ke-16 Kabupaten Belitung  dilaksanakan dengan mengusung tema “Peningkatan Kualitas Perempuan Menuju Ketahanan Keluarga”.

 

Dalam acara tersebut, Ketua DWP Kabupaten Belitung, Ny. Ika Sari Karyadi mengatakan sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, sudah selayaknya DWP mempunyai prinsip dan mengambil peran strategis dalam konstalasi Pembangunan Nasional, pada sisi lain dengan telah ditetapkannya Undang–Undang No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, DWP perlu menyelaraskan diri dengan tuntutan perubahan lingkungan strategisnya. Untuk itu dalam rangka meningkatkan kapabilitas, menyelaraskan dan mendukung pencapaian pembangunan Nasional, DWP telah menyusun Rencana Strategis DWP 2015- 2019 yang mengacu kepada Visi dan  Misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Bapak Jokowi dan Bapak Jusuf Kalla yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019, dimana Renstra tersebut telah disahkan dalam Sidang MUNAS III DWP tahun 2014 .

 

Sesuai dengan Misi DWP no 1 yaitu peningkatan SDM pengurus di semua jenjang kepengurusan, maka perlu peningkatan kapasitas pengurus yang diawali dengan peningkatan potensi diri dan kualitas diri masing-masing pengurus secara berkesinambungan, sehingga dalam penyusunan program kerja akan lebih optimal disusun oleh para pengurus yang berkualitas. Dharma Wanita Persatuan dalam posisi sebagai peran serta Pemerintah dalam rangka memperingati HUT DWP ke 16 ini akan mendukung pemerintah dengan program kerja untuk menyejahterakan anggota, keluarga dan masyarakat yang merupakan program-program berkelanjutan yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan politik. DWP telah menetapkan Program Unggulan yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan pemerintah, masyarakat dan swasta yaitu “ Pembentukan Center of excellence Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga”, jelas Ika.

 

Ika menambahkan bahwa Dharma Wanita Persatuan masih perlu melangkah dan masih banyak masalah secara nasional yang  perlu diselesaikan. Kaum perempuan hendaknya selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi aktif dalam penyelesaian secara antisipatif. Kita tak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini, seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak termasuk banyak sekali kasus kekerasan seksual terjadi terhadap anak-anak dibawah umur, penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja. Hal-hal tersebut menjadikan kita semua menyadari bahwa Peningkatan Kualitas dan Ketahanan keluarga merupakan salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Drs.H. Erwandi A. Rani. dalam sambutannya menyampaikan hal yang senada dan berharap kiranya pengembangan organisasi ke depan harus lebih baik lagi, karena dengan peningkatan kualitas seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan akan mampu memperkuat dan mendorong peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa. Hal ini juga akan meningkatkan rasa percaya diri dan mendorong peran perempuan ke depan, yang bukan hanya mengubah perilaku dalam keluarga tetapi juga dapat ikut mengambil kebijakan dan keputusan menyangkut kepentingan kaum perempuan, sehingga program unggulan Dharma Wanita Persatuan sebagai Center of Excellence dapat terwujud.

 

Lebih jauh, Erwandi mengajak agar Dharma Wanita Persatuan dapat membuat program-program berkelanjutan yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan politik. Melihat masih banyaknya persoalan yang perlu diselesaikan, kaum perempuan hendaknya selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi aktif dalam penyelesaian secara antisipatif.

 

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Belitung, Drs.H. Erwandi A.Rani. mengucapkan ”Selamat Ulang Tahun ke-16, kepada Dharma Wanita Persatuan”, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat, ridho dan bimbingan-Nya dalam setiap langkah dan karya kita dalam membangun Kabupaten Belitung yang kita cintai ini.

 

Dalam acara tersebut, dilakukan pemotongan tumpeng secara langsung oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani dan Ketua DWP Kabupaten Belitung, Ny. Ika Sari Karyadi serta pembagian hadiah kepada para juara dalam lomba-lomba yang diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan HUT DWP ke-16 Tahun 2015.

 

Hadir dalam acara yakni unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, seluruh pengurus dan anggota DWP Kabupaten Belitung, pengurus dan anggota DWP Kabupaten Belitung Timur, serta undangan lainnya.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung