Senin, 21 Desember 2015 11:00

Upacara Bulanan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-70, Hari Nusantara ke-15, dan Hari Bela Negara Tahun 2015

Tanjungpandan - Pemerintah Kabupaten Belitung menggelar Upacara Bulanan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-70, Hari Nusantara ke-15, dan Hari Bela Negara Tahun 2015, bertempat di Halaman Kantor Bupati Belitung, pada hari Senin, (21/12/2015).

 

Upacara yang diikuti oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Belitung serta  jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung tersebut, Wakil Bupati Belitung, Drs.H. Erwandi A.Rani.,  bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara dan membacakan substansi sambutan  dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, M. Basuki Hadimuljono,  Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti  dan  sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Joko widodo.

 

Dalam sambutannya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, M. Basuki Hadimuljono mengajak seluruh jajaran Kementerian PUPR untuk memikirkan kembali apa yang sudah dan sedang dilakukan dan apa yang hendak dilakukan ke depan, dalam membangun infrastruktur ke-PUPR-an, dengan semangat juang Sapta Taruna.

 

Sementara itu, terkait peringatan Hari Nusantara, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti berharap agar masyarakat di seluruh Indonesia, dapat  memahami jati diri Indonesia sebagai Negara Kepulauan dengan segala potensi sumber daya kelautan yang dimiliki, yang mampu memberikan kontribusi pada kemakmuran bangsa.

 

Dan untuk momentum Hari Bela Negara ini, Presiden Republik Indonesia, Joko widodo dalam sambutannya mengajak saudara-saudara sebangsa dan setanah air untuk bersama-sama senantiasa berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi masing-masing.

“Saya menyadari, bahwa kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, akan tetapi harus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan dengan berbagai upaya sejak dini. Oleh karenanya, saya mengajak juga saudara-saudara sekalian, hendaknya dimulai dari diri sendiri, dari hal yang terkecil dan mulai saat ini juga, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat sehingga menjadi kesadaran bangsa Indonesia”, jelas Joko Widodo dalam sambutannya.

“Tugas bela negara adalah tugas yang berat seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Namun saya yakin melalui semangat kebersamaan dan persatuan serta kerja keras, kita semua mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian serta berlandaskan gotong royong”, tambah Joko Widodo.

 

Diakhir upacara, Wakil Bupati, Drs.H. Erwandi. A.Rani. secara simbolis menyerahkan secara langsung piagam, hadiah serta bantuan kepada para penerima penghargaan prestasi, penerima bantuan Dana APBN Tahun 2015 dan penerima bantuan Dana Alokasi Khusus dan APBD Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2015, dalam rangkaian peringatan Hari Nusantara ke-15 Tahun 2015, yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung