Rabu, 15 Oktober 2008 02:31

Usia 9 Tahun Dharma Wanita Kabupaten Belitung

Tanjungpandan (WP), Selama 9 tahun Dharma Wanita Kabupaten Belitung telah menjadi bagian dari lembaga pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belitung. Dengan rasio jumlah penduduk antara laki-laki dan perempuan yang relatif berimbang yakni laki-laki 80600 jiwa dan perempuan 76446 jiwa, menunjukkan perempuan memiliki peran penting dalam pembangunan.

Dalam kurun waktu empat tahun (2001-2005), perempuan yang memasuki usia 45-49 tahun meningkat sebesar 50,52 % sedangkan (55-59) mengalami peningkatan sebesar 55,73 %. Dengan mempertimbangkan peningkatan kedua kelompok umur diatas serta angka harapan hidup Kabupaten Belitung yang terus meningkat, maka peningkatan kualitas sumberdaya manusia (perempuan) tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini terkait dengan isu pemberdayaan dan peningkatan derajat kesehatan perempuan ditengah penguatan isu sentral persamaan gender.

Proses pemberdayaan perempuan di masyarakat diharapkan tidak sekedar menjadi objek tetapi subjek dalam pembangunan. Dengan demikian lembaga-lembaga pemberdayaan perempuan di sektor publik dapat terus dievaluasi Dalam rangka peringatan HUT Dharma Wanita ke-9, panita peringatan mengadakan serangkaian kunjungan kerja ke Kecamatan Sijuk, Desa Buluh Tumbang dan Kampung Parit pada akhir bulan Agustus yang lalu dan melaksanakan serangkaian lomba dan kegiatan bhakti sosial.

Ketua Panita Pelaksanaan Hari Peringatan, Ny. Elly Rachman menjelaskan bahwa serangkaian lomba dan kegiatan bhakti sosial ini meliputi lomba pembacaan do’a (14 Oktober) lomba nyanyi (18-19 Oktober), pertandingan tenis meja (24-25 Oktober), bhakti sosial donor darah di Kantor PMI Kabupaten Belitung (28-29 Oktober), lomba senam masal di halaman Kantor Setda Kabupaten Belitung (31 Oktober), lomba pembuatan kliping berita (10 November) (fithrorozi).
Sumber: