Kamis, 14 Januari 2016 16:00

WABUP KUNKER KE SITUS KOTA TANAH

Tanjungpandan - Wakil Bupati Belitung, Erwandi A. Rani melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa Kecamatan Di Kabupaten Belitung, Kamis (14/1). Salah satunya ke Situs Kota Tanah Desa Cerucuk yang merupakan tempat makam keturunan Raja Balok, KA Hatam, Gelar Depati Cakraningrat VII dan KA. Moh. Saleh, Gelar Depati Cakraningkrat IX dan NA. Kuning.

 

Didampingi Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Wahyu Hidayat, serta rombongan, Wabup melihat pendopo makam disitus  yang mulai rusak, seperti atap yang mulai rapuh dan pagar sekitar yang juga mulai rusak.

 

Wabup mengatakan bahwa perbaikan makam ini akan dianggarkan melalui APBD Perubahan, karena makam ini merupakan makam orang yang berjasa di Belitung. Wabup juga berpesan kepada Juru Kunci Makam, Saidin Bujang.  agar menjaga makam ini dengan baik sebagai bentuk pengabdian kepada orang-orang tua terdahulu.

 

Meskipun kondisi bangunan banyak yang rusak, namun disitus ini terdapat bangunan pendopo tempat berteduh bagi peziarah disebelah kanan makam. Ada juga fasilitas kamar kecil di belakang bangunan itu. Luas lahan situs ini 75 x 75 m dan yang akan di bangun seluas 70 x 70 m.

 

Selain mengunjungi Makam, Wabup dan rombongan juga mengunjungi Musrenbang Desa di Lassar serta Pelabuhan Perikanan di Batu Mana dan Dudat.

 

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung