Selasa, 19 Januari 2016 17:00

KANTOR DESA AIK PELEMPANG JAYA BAKAL DIRESMIKAN

Tanjungpandan - Kantor Desa Aik Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung yang terletak di Jalan Nusantara (Perumnas) RT.04/RW.01, Desa Aik Pelempang Jaya bakal diresmikan pada Kamis, (21/1/2016).

 

Kantor baru ini berukuran sekitar 14x14 meter. Bangunan tersebut menelan biaya sebesar Rp 438 juta, bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sistem pembangunan mengadopsi swakelola selama tiga bulan.

 

Desa Aik Pelempang Jaya merupakan hasil pemekaran dari Desa Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Desa ini terbentuk atas prakarsa dan aspirasi dari masyarakat desa setempat pada hari Senin (15/08/2011) berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pembentukan Desa Pelepak Pute dan Desa Tanjung Tinggi di Kecamatan Sijuk, Desa Ibul di Kecamatan Badau, Desa Aik Pelempang Jaya, Desa Aik Ketekok dan Desa Aik Rayak di Kecamatan Tanjungpandan Wilayah Desa Aik Pelempang Jaya dulunya adalah Dusun Air Pelempang Timur, Desa Paal Satu, RT 32 sampai RT 45  yang sekarang sudah diubah menjadi Desa Aik Pelempang Jaya yang terdiri dari 2 dusun, 4 RW, dan 21 RT. 

 

Secara garis besar, dalam rangka mendukung perekonomian, tanah di daerah Desa Aik Pelempang Jaya banyak dimanfaatkan untuk  sektor pertanian (padi, jagung, ubi kayu, cabai, tomat, mentimun dan kangkung), sektor perkebunan (kelapa, sengon, sagu), buah-buahan (jambu air, alpokat, sawo, pisang, mangga, rambutan dan semangka), sektor peternakan (sapi, ayam, babi, itik, jangkrik), serta sektor perikanan (ikan air tawar). ***Dika

 

Sumber: Kantor Desa Aik Pelempang