Rabu, 20 Januari 2016 15:00

WABUP HADIRI PERESMIAN BALAI PERTEMUAN DAN PUSAT INFORMASI KLASTER CABAI BELITUNG

SIJUK - Balai Pertemuan dan Pusat Informasi Klaster Cabai Belitung diresmikan Rabu, (20/1) di Desa Batu Itam Kecamatan Sijuk. Peresmian ditandai dengan gunting pita dan penandatanganan pada papan nama balai pertemuan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Propinsi Kep. Babel, Bayu Martanto didampingi Wakil Bupati Belitung, H. Erwandi. A. Rani.

 

Kepala Perwakilan Propinsi Kep. Babel, Bayu Martanto dalam sambutannya mengatakan tujuan program bantuan sosial Bank Indonesia ini adalah untuk menekan implasi yang terjadi di Tanjungpandan. Salah satunya adalah dengan berkebun cabai. Dengan berkebun sendiri, secara otomatis pasokan cabai dari luar akan berkurang, dan harga cabai di Tanjungpandan lebih terjangkau dan stabil.

 

Bayu menambahkan ada dua bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Perwakilan Bank Indonesia yaitu melalui program kerja dan bantuan sosial, salah satunya adalah mendirikan balai pertemuan dan pusat informasi Klaster Cabai Belitung.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung menjelaskan bahwa balai pertemuan ini adalah salah satu bentuk perhatian Bank Indonesia terhadap masyarakat setempat, khususnya petani cabai.

 

Wabup juga mengatakan bahwa balai pertemuan ini sangat penting sebagai tempat pertemuan antar petani maupun petani dengan penyuluh. Para petani bisa berbagi ilmu dan memaksimalkan potensi yang sudah ada, sehingga bisa mengatasi masalah cabai yang ada di Belitung.

 

Klaster cabai Kelompok Tani  Karya Mandiri ini terdiri dari 5 (lima) kelompok tani dengan jumlah petani sebanyak 35 orang. Sebelumnya kelompok tani ini hanya terdiri dari 3 kelompok dengan jumlah petani hanya 17 orang. (Marvianty)

 

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung