Kamis, 4 Februari 2016 16:00

DUSUN BATU MANA JADI 'KAMPONG KB' PERTAMA DI KABUPATEN BELITUNG

Membalong - Dusun Batu Mana, Desa Lassar, Kecamatan Membalong dicanangkan menjadi Kampong Keluarga Berencana pertama di Kabupaten Belitung. Pencanangan dilakukan oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani pada Kamis (4/2) bertempat di Balai Dusun Batu Mana. Kegiatan pencanangan ditandai dengan pelepasan balon udara, penyerahan paket kepada perwakilan masyarakat sekitar dan pembacaan Deklarasi Kampong KB oleh Kepala Dusun Batu Mana, Asli Saiman dan tokoh masyarakat sekitar.

 

Dalam laporannya, Kepala BPMPDPKB Kabupaten Belitung, Nurman Sunanda, SE mengatakan, pada tahun 2016 ini telah ditetapkan 5 lokasi kampong KB di setiap kecamatan diantaranya; Desa Lassar, Kecamatan Membalong, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Desa  Keciput, Kecamatan Sijuk, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, dan Desa  Suak Gual Kecamatan Selat Nasik.

‘’Dari kelima desa yang diusulkan dari masing masing kecamatan  berdasarkan  kriteria dalam pembentukan Kampung KB, serta memperhatikan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh BKKBN, maka untuk penggarapan pertama atau pencanangan di Kabupaten Belitung terpilihlah Dusun Batu Mana, Desa Lassar  ini’’, jelasnya.

 

Sementara Wabup dalam sambutannya mengatakan, Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga masuk di dalam 9 agenda prioritas pembangunan atau Nawacita pada butir kelima yaitu; “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia”. Seluruh arah kebijakan dan strategi pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga harus mengacu pada butir kelima Nawacita tersebut dan telah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019.

’’Saya meghimbau para camat dan lurah serta kepala desa se-Kabupaten Belitung untuk  memberikan dukungan sepenuhnya dalam mensukseskan Program Kampung Keluarga Berencana, serta mengajak semua sektor terkait dalam mengatasi masalah yang ada, baik lembaga pemerintah, lembaga Non Pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Pembangunan sektor lainnya’’, kata Wabup.

 

 

Kepada seluruh lapisan masyarakat, Wabup juga berharap agar dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan Program KKBPK dan Pembangunan sektor lainnya. Selanjutnya agar segera dibentuk tim Pokja (kelompok kerja) di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan. Karena melalui tim Pokja akan dilakukan langkah-langkah penggarapan Kampung KB mulai dari proses penyusunan rencana kegiatan intervensi, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan pembuatan laporan. Dan kepada tim Pokja yang telah dibentuk agar melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab.

 

Turut hadir dalam acara, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Badan PPKBPA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumini Yuliastuti, SE, MM, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. Mustofa, M. Kes, Unsur Forkompinda Kabupaten Belitung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Budy Prastiyo, perwakilan SKPD se-Kabupaten Belitung, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Ketua DWP Kabupaten Belitung, Camat Membalong, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh masyarakat Desa Lassar khususnya masyarakat  Dusun Batu Mana, serta undangan lainnya. Kegiatan diakhiri dengan peninjauan pelayanan KB dan bazar kelompok UPPKS.***fradika

 

Sumber: BPMPDPKB Kabupaten Belitung