Jum'at, 5 Februari 2016 16:00

Kepala BKPM Resmikan Pabrik Kayu Lapis PT. Billiton Plywood

MEMBALONG - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani meresmikan Pabrik Kayu Lapis PT. Billiton Plywood, Jumat, (5/2) di Dusun Ilir, Desa Bantan Kec. Membalong. Didampingi, Deputi Bidang Perencanaan dan Penanaman Modal, Staf Ahli Gubernur Bidang SDM, Sosial dan Kemasyarakatan, Bupati Belitung, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Wakil Bupati Belitung dan Direktur PT. Billiton Plywood, peresmian ditandai dengan pemukulan gong, penandatangan prasasti dan gunting pita dan dilanjutkan dengan peninjauan pabrik.

 

Direktur PT. Billiton Plywood, Franky Tjhin mengatakan bahwa penanaman sengon dimulai pada tahun 2008 akhir. Penanaman dilakukan sendiri dan juga mengajak masyarakat petani.

Franky Tjhin menjelaskan tadinya kayu sengon dianggap tidak berharga. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara pengolahannya. Diharapkan dengan berdirinya pabrik ini, petani sengon semakin bertambah dan hidup menjadi makmur dan sejahtera.

 

Sementara itu, Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan bahwa peresmian pabrik kayu lapis ini merupakan catatan sejarah bagi Kabupaten Belitung dalam bidang industri dan juga merupakan cita-cita sejak zaman Bupati Periode 1999-2004, Ishak Zainuddin dan Bupati Belitung Periode 2004-2013, H. Darmansyah Husein dan dilanjutkan oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh.

 

BKPM terus proaktif mendorong inverstor untuk segera melakukan realisasi investasi di Belitung. Langkah ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Jokowi pertengahan tahun lalu yang meminta BKPM untuk mengerahkan investor untuk menanamkan modalnya ke Belitung

 

Kepala BKPM, Franky Sibarani menyampaikan bahwa Belitung merupakan salah satu daerah prioritas yang akan terus ditingkatkan realisasinya dalam masa-masa mendatang.

“Potensi Belitung sangat besar untuk menarik minat investasi baik asing maupun domestic,” ujar Franky Sibarani

 

Lebih lanjut Franky Sibarani menambahkan bahwa Presiden Jokowi mengharapkan BKPM untuk dapat mempromosikan peluang investasi di Belitung terutama terkait pengembangan kawasan Industri Suge dan Pelabuhan Tanjung Batu di Kabupaten Belitung.  (Marvianty)

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung